Pemilihan Wagub DKI Tak Kunjung Usai, Anies Baswedan: Kalau Bisa ya Sudah Saya Lantik Dari Kemarin
Nasional

DPRD DKI kini tengah memproses pemilihan Wakil Gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno. Sudah ada 2 nama yang diajukan oleh PKS, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

WowKeren - Posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga saat ini diketahui masih kosong usai ditinggal Sandiaga Uno maju Pilpres 2019. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI pun kini tengah memproses pemilihan Wagub DKI.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan pun buka suara. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengaku hanya bisa menunggu proses pemilihan Wagub DKI.

"Kalau soal Wagub bisa saya lantik begini, sudah saya lantik kemarin," tutur Anis di Balai Kota DKI pada Senin (8/7). "Ini Wagub prosesnya masih di DPRD jadi kita tunggu. Menurut rencana, mereka akan melakukan sidang bulan Juli ini. Jadi kita tunggu saja hasilnya."

Selain itu, Anies juga percaya bahwa partai politik telah mempertimbangkan secara matang nama-nama yang mereka ajukan sebagai calon Wagub DKI. Oleh sebab itu, Anies berharap agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar.

"DPRD pun kita percayai mereka orang-orang yang sudah bertugas selama bertahun-tahun," jelas Anies. "Memahami persis load yang ada di DKI Jakarta. Jadi mereka pasti bisa mengukur, menimbang, memilih."


Anies juga berterima kasih kepada pihak yang telah mendorong proses pemilihan Wagub DKI. Pasalnya, proses tersebut dapat dipercepat.

"Makin sering teman-teman tanya makin cepat bergerak kan jadi terima kasih," tutur Anies. "Mudah-mudahan pertengahan atau akhir Juli ini sidang dimulai, paripurna dan saya siap untuk bekerja dengan siapa saja yang sudah diusulkan dan dipilih oleh DPRD."

Sementara itu, kursi Wagub DKI telah kosong sejak 10 Agustus 2018 lalu. Panitia pemilihan Wagub DKI sendiri telah menerima dua nama Cawagub.

Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu yang sama-sama diajukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pemilihan Wagub DKI rencananya akan digelar pada 22 Juli 2019 mendatang.

Di sisi lain, Partai Gerindra sempat menyebut bahwa ada kemungkinan Sandiaga kembali masuk dalam bursa Wagub DKI. Namun, mantan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan bahwa Sandiaga tidak akan mau kembali menjadi Wagub DKI.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait