Jenazah Arswendo Atmowiloto Diiringi Lagu 'Keluarga Cemara', Sosoknya Diungkap Slamet Rahardjo
Selebriti

Misa pelepasan jenazah Arswendo Atmowiloto yang dilaksanakan pada Sabtu (20/7) berlangsung khidmat. Slamet Rahardjo pun terlihat ikut melayat Arswendo di gereja.

WowKeren - Sastrawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia usai melawan kanker prostat pada Jumat (19/7). Misa pelepasan jenazah Arswendo pun telah selesai dilaksanakan di Gereja Matius Penginjil Bintaro, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/7).

Misa Arswendo dipimpin oleh Romo Gerpasius S Rantetana SX serta berlangsung dengan lancar dan khidmat. Pihak keluarga Arswendo juga terlihat tegar selama misa pemberkatan jenazah. Lantunan lagu "Harta Berharga" mengiringi misa pelepasan jenazah Arswendo, sebelum peti ditutup dan dimakamkan di Sandiego Hill, Karawang, Jawa Barat.


Seperti diketahui, lagu "Harta Berharga" adalah soundtrack dari salah satu karya terkenal milik Arswendo, yakni sinetron "Keluarga Cemara" yang juga dirilis versi filmnya pada Januari 2019 lalu. Di antara pelayat yang hadir ke gereja, terlihat artis senior Slamet Rahardjo, aktris Olga Lydia, dan pemeran Abah di sinetron "Keluarga Cemara", Adi Kurdi.

Slamet pun sempat mengungkapkan sosok Arswendo di matanya yang dikenal ceplas-ceplos dalam berbicara. Kendati begitu, aktor berusia 70 tahun tersebut menilai Arswendo adalah sosok yang baik dan selalu memberikan semangat untuknya.

"Siapa yang enggak kenal Wendo, yang mulutnya ceplas-ceplos itu. Tapi di balik mulutnya itu jadi tergambar ada suatu kedekatan emosional di antara kita," ujar Slamet saat ditemui di rumah duka di kawasan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, pada Jumat (19/7) malam. "Jadi sebuah kehormatan. Saya jadi saksi bahwa Wendo orang baik. Dia pemberi semangat."

Lebih lanjut, Slamet mengaku tak terkejut saat mendengar kabar meninggalnya Arswendo. "Yang terpenting sebagai apa saat mati dan Wendo mati sebagai seorang yang sangat berjasa bagi kewartawanan, khususnya saya, 10 tahun pegang acara sama Wendo di televisi," jelas Slamet.

Tak hanya itu, Slamet menilai Arswendo tak bisa dipisahkan dari karya-karyanya yang terus dikenang. Pemain film "Badai Pasti Berlalu" ini juga mengucapkan rasa sayangnya kepada Arswendo.

"Arswendo tak bisa dipisahkan dengan jasanya. Jadi beliau pergi hari ini ya, meninggalkan sesuatu untuk jasanya," ungkap Slamet. "Kepada keluarga dia meninggalkan 'Keluarga Cemara', kepada wartawan dia mengeluarkan sesuatu, 'Jurnalis itu orang bebas'. Ya itu Wendo. I love you, Wendo."

(wk/evaa)

You can share this post!