Gibran dan Kaesang  Putra Jokowi Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Periode 2020-2025
Twitter/kaesangp
Nasional

Hasil tersebut didasarkan pada survei yang dilakukan oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. Gibran menduduki peringkat pertama untuk kategori popularitas.

WowKeren - Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Suwardi menyampaikan bahwa dua putra Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025. Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Unisri.

"Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Suwardi dilansir dari Antara, Kamis (25/7). Survei tersebut dilakukan di 96 lokasi dengan jumlah responden 8 orang untuk masing-masing titik lokasi.

Suwardi menjelaskan bahwa dari 768 kuesioner, yang bisa dilakukan uji sampel ada 766 sebab yang dua lainnya tidak bisa dianalisis. "Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," tutur Suwardi.

Dalam survei tersebut, ada tiga hal yang diujikan yakni popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Nama Gibran muncul di peringkat teratas untuk kategori popularitas. Dari total responden, 90 persen dari mereka mengenal Gibran. "Dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran," imbuh Suwardi.


Selain itu, nama Achmad Purnomo juga muncul dengan angka yang sama. Achmad merupakan Wakil Wali Kota Surakarta saat ini. Selanjutnya, di peringkat ketiga ada nama Kaesang. Meski demikian, selisih angkanya tidak berbeda jauh dibanding Gibran.

"Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86 persen," jelas Suwardi. "Dan di urutan keempat ada nama Teguh Prakosa yang merupakan Ketua DPRD Kota Surakarta dengan angka 49 persen."

Perolehan tersebut berbeda untuk kategori akseptabilitas. Di kategori ini, Achmad menduduki posisi teratas yakni 83 persen. Lalu disusul Gibran di peringkat kedua dengan perolehan 61 persen.

Nama Gibran juga kembali muncul ke dalam tiga besar untuk kategori elektabilitas. Menyusul Achmad di posisi pertama, Gibran berada di peringkat kedua dengan perolehan 13 persen.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait