Viral Berita Habib Rizieq Pimpin Pemakaman Mbah Moen, Kemenag Beri Klarifikasi
Nasional

Di media sosial beredar narasi yang menyebut Habib Rizieq memimpin doa dalam prosesi pemakaman Mbah Moen. Namun belakangan kebenaran informasi ini dipertanyakan oleh banyak pihak.

WowKeren - Kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimun Zubair atau Mbah Moen diketahui berpulang pada Selasa (6/8) subuh. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang itu diketahui meninggal dunia di Mekkah.

Jenazah almarhum pun akhirnya dikebumikan di Pemakaman Umum Jannatul Ma'la, Mekkah. Hal ini dilakukan sesuai dengan permintaan Mbah Moen yang disampaikan kepada santrinya. Alhasil sejumlah pejabat dan pemuka agama pun terbang ke Arab Saudi demi mengantarkan sang kiai ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Namun ada yang membuat geger di pemakaman tersebut. Pasalnya terlihat sosok Habib Rizieq Syihab di tengah-tengah pelayat yang hadir. Bahkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu terlihat memimpin doa selama pemakaman berlangsung.

Tak ayal berita ini pun menarik perhatian masyarakat. Namun beberapa pihak langsung menyangkal berita ini, salah satunya warganet Twitter dengan akun @MurtadhaOne. Dalam cuitannya, ia mengunggah video yang menunjukkan bahwa kabar kehadiran Rizieq di pemakaman Mbah Moen hanya hoaks belaka.

"Ternyata yang didoakan oleh Bib Rizieq bukan jenasah Mbah Moen, tapi jenazah berpenutup kain biru," cuitnya. "Sedangkan jenazah Mbah Moen berpenutup kain hitam. Menteri Agama yang memimpin pemakaman."


Memang dalam video berdurasi 1 menit 57 detik itu terlihat jenazah yang akan dikebumikan berpenutup kain biru. Sementara dalam foto yang diunggah Kemenag di Twitter-nya (@Kemenag_RI) tampak jenazah Mbah Moen ditutupi kain hitam.

Viral Berita Habib Rizieq Pimpin Pemakaman Mbah Moen, Kemenag Beri Klarifikasi

Twitter

Cuitan ini lantas "dikuatkan" kembali oleh Kemenag. Kepala Kantor Daker Makkah PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid menyebut prosesi doa dalam pemakaman kiai karismatik itu dipimpin oleh ulama Makkah bernama Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki. Diketahui sang ulama merupakan keponakan dari pemuka agama Islam Arab Saudi Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki.

Sementara itu, ujar Subhan, pemakaman Mbah Moen dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Selain itu sejumlah ulama dan kiai sepuh Indonesia pun secara bergantian memimpin salat jenazah dan doa.

"Yang memimpin doa adalah putera dari Sayyid Abbas bin Alawi Al-Maliki, yang mendapat gelar Bulbul Makkah," jelas Subhan, dikutip dari CNN Indonesia. "Dan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, yang punya banyak murid dari Indonesia."

"Prosesi pemakaman Mbah Moen ini, dari awal hingga akhir dipimpin oleh Menteri Agama, Bapak Lukman Hakim Saifuddin," imbuhnya. "Dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru