Setahun Ditinggal Sandiaga Jadi Gubernur DKI Tanpa Wakil, Anies Baswedan: Anniversary Jomblo
Nasional

Sandiaga diketahui meninggalkan Anies dan maju dalam Pilpres pada 10 Agustus 2018 lalu. Anies pun berharap agar DPRD DKI segera menggelar rapat paripurna untuk memilih Wagub yang baru.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah hampir genap satu tahun menjabat tanpa didampingi seorang Wakil, tepatnya kurang 2 hari lagi. Sandiaga Uno diketahui meninggalkan Anies dan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada 10 Agustus 2018.

Anies pun mengomentari "hari jadinya" sebagai Gubernur tanpa Wakil. "Dua hari lagi ya, Anniversary jomblo dong," tutur Anies di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, pada Kamis (8/8).

Meski demikian, Anies juga berharap agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta segera menggelar sidang paripurna serta menetapkan Wakil Gubernur yang baru. Pasalnya, masa periode DPRD DKI akan berakhir pada bulan ini. "Ya kita berharap DPRD segera bersidang," ujar Anies.

Sebelumnya, DPRD DKI telah mengagendakan rapat paripurna pada 22 Juli 2019 untuk proses pemilihan Wakil Gubernur DKI. Sayangnya, rapat paripurna tersebut batal karena tata tertib pemilihan belum disahkan dalam rapat pimpinan gabungan.


Menurut Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wagub DKI, Bestari Barus, pengesahan tata tertib paripurna pemilihan Wagub DKI molor akibat sejumlah pimpinan fraksi tak menghadiri rapat pimpinan gabungan. Padahal untuk mengesahkan tata tertib, diperlukan kehadiran pimpinan dan anggota DPRD yang kuorum.

"Penyebabnya sudah jelas. Hari ini paripurna itu gimana mau dilaksanakan? Tahapannya (Rapimgab) kan belum selesai," kata Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wagub DKI Jakarta Bestari Barus, Senin (22/7). "Tatibnya harus dirapimkan kemudian dibentuk Panlih, baru paripurna pemilihan dibikin. Jadi paripurna masih jauh lah."

Bestari juga menuding jadwal dari Sekretaris Dewan (Sekwan) yang tak kunjung keluar sebagai penyebab utama. Pasalnya anggota dewan tak bisa sembarangan menggelar rapat kecuali ada undangan formal. "Itu ranahnya Sekwan dan pimpinan. Sampai hari ini belum ada undangan untuk Rapimgab," tuturnya.

Anies sendiri sebelumnya telah menyerahkan nama 2 calon Wagub DKI ke DPRD, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Keduanya adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang nantinya akan dipilih dalam rapat paripurna DPRD.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait