DPR Nilai Penghidupan Kembali GBHN Perlu Dikaji Mendalam Hingga Libatkan Seluruh Rakyat
Nasional

Dari kajian yang dilakukan oleh Badan Pengkajian MPR disimpulkan bahwa banyak masyarakat yang ingin Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dihidupkan kembali.

WowKeren - Ketua DPR Bambang Soesatyo buka suara menanggapi wacana untuk menghidupkan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Bamsoet menilai bahwa wacana ini perlu dikaji secara lebih mendalam.

Hal tersebut lantaran luar biasanya dinamika ekonomi politik global saat ini. Oleh sebab itu, harus benar-benar dipertimbangkan apakah GBHN memang diperlukan atau tidak.

"Saya berpandangan GBHN perlu dikaji lebih dalam lagi karena dinamika ekonomi politik global sekarang ini sangat luar biasa, berbeda dengan zaman 20 atau 50 tahun yang lalu," jelas Bamsoet di Jakarta Pusat, Selasa (13/8). "Jadi apakah GBHN ini perlu atau tidak, ini harus kita kaji melibatkan seluruh rakyat kita, akademisi juga."


Meski demikian, Bamsoet enggan menjelaskan apakah wacana ini berkaitan dengan porsi pimpinan MPR. "Komposisi MPR saya tidak bisa jawab karena bukan ketum, nanti saya akan jawab kalau jadi ketum," imbuhnya.

Terkait komposisi pimpinan MPR dan DPR, ia ingin agar hal itu tidak diubah dengan masing-masing 5 pimpinan. "Kalau ada 10 pimpinan berarti harus ada revisi UU MD3 tapi akan sangat rawan karena saya dulu yang mendorong UU MD3 gol seperti sekarang ini dan kembali ketua komposisi ketua DPR 5 dan ketua MPR 5 itu dipertahankan sudah bagus," jelas Bamsoet.

Saat ini, wacana penghidupan kembali GBHN tengah digodog oleh MPR. Badan Pengkajian MPR pun sudah melakukan kajian dengan banyak pihak. Dari kajian itu, disimpulkan bahwa banyak dari masyarakat yang ingin agar GBHN dihidupkan kembali.

"Di sinilah perlu GBHN yang bisa menjadi pedoman semua," kata anggota MPR dari Fraksi PKS, Andi Akmal Pasludin di Jakarta Pusat, Jumat (26/7). "Kajian dan rekomendasi di MPR sudah kuat tinggal kemauan politik saja. Pola pembangunan model GBHN merupakan representasi dan implementasi Pancasila yang ingin perencanaan dan pelaksanaan terarah dan legitimasinya kuat."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru