Sidang Tahunan MPR Digelar, Begini Rancangan Acaranya
Nasional

Sidang tahunan MPR merupakan agenda yang rutin digelar sehari sebelum Hari Kemerdekaan. Nantinya Presiden Jokowi akan memberikan pidato kenegaraan di 3 sesi berbeda.

WowKeren - Hari Kemerdekaan Indonesia tinggal beberapa jam lagi. Menyambutnya, sejumlah acara kenegaraan pun digelar. Salah satunya adalah sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang rutin diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus-nya.

Untuk tahun ini, acara sidang akan mengambil tema "SDM Unggul, Indonesia Maju". Sejumlah agenda diadakan, salah satunya adalah pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan sidang tahunan akan dibagi dalam tiga sesi. "Kita berharap acara ini akan berlangsung khidmat dalam rangka memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Selain itu, ada pula hal menarik yang akan terjadi dalam sidang ini. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Jokowi siap tampil berbeda saat membawakan pidato kenegaraan, yakni dengan mengenakan busana adat daerah tertentu. "Jadi mungkin sidang pertama, sidang kedua, akan ganti pakaian," ujarnya.

Namun penggunaan busana adat ini hanya akan dilakukan Jokowi. Zulhas memastikan para pimpinan MPR, DPR, dan DPD tak akan mengikuti langkah Jokowi. Mereka akan tetap mengenakan baju formal berupa setelan jas.


"Hanya Pak Presiden, dari sidang pertama, kedua, akan ganti pakaian," pungkasnya. "(Informasi) yang saya terima begitu. Jadi tadi (Jokowi) diukur."

Selain pidato kenegaraan oleh Jokowi, pimpinan lembaga tinggi lainnya pun akan menyampaikan sambutan mereka. Berikut adalah rancangan acara yang dikutip dari laman CNN Indonesia.

Pada sesi pertama yang dimulai pukul 08.25 WIB, Ketua MPR Zulhas akan membuka acara secara resmi. Lalu setelahnya Presiden Jokowi akan menyampaikan pidatonya mengenai kinerja lembaga negara. Agenda tersebut digelar di ruang rapat paripurna MPR.

Selanjutnya, sesi kedua akan dibuka oleh sambutan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO). Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Sesi kedua direncanakan dimulai pukul 10.00 WIB.

Sedangkan sesi terakhir akan dibuka oleh sambutan Ketua DPR Bamsoet. Lalu dilanjutkan oleh pidato Presiden Jokowi soal Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Segmen terakhir ini akan dimulai pukul 13.45 WIB.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait