Deteksi Penggunaan Narkoba, BNN Sarankan Universitas Lakukan Tes Urine ke Mahasiswa
Nasional

Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Heru Winarko mengatakan bahwa pihak kampus bisa bekerja sama dengan tim medis yang ada di institusi pendidikan untuk melakukannya.

WowKeren - Pemerintah melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) terus berupaya untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba. Hal itu tidak bisa dikatakan mudah mengingat pengguna narkoba tak terikat rentang usia maupun jenis kelamin.

Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Heru Winarko menyarankan kepada pihak perguruan tinggi untuk melakukan tes urine terhadap mahasiswanya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa tersebut tidak mengonsumsi narkoba.

"Hal itu sangat penting dilakukan," kata Heru dilansir dari Antara, Selasa (20/8). "Sebab mahasiswa tersebut ke depan sebagai calon-calon pemimpin bangsa dan negara."

Para pemuda sebagai calon pemimpin bangsa harus bisa memberikan teladan yang baik kepada masyarakat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindarkan para pemuda tersebut dari pengaruh narkoba. Mahasiswa dengan ketergantungan terhadap narkoba tidak akan bisa menjadi contoh yang baik.


"Bagaimana seorang pemimpin dapat sukses dalam menjalankan tugasnya," lanjut Heru. "Kalau dia narkoba dan selalu memakai narkoba yang dilarang pemerintah."

Dikatakan Heru, untuk melakukan tes urine, perguruan tinggi bisa bekerja sama dengan tim kesehatan yang ada di institusi pendidikan tersebut. Pihak universitas bisa meminta tim tersebut untuk mengontrol mahasiswa yang terpapar obat-obatan berbahaya dan dapat merusak kesehatan. Hal itu merupakan wujud upaya pemerintah untuk menekan sedini mungkin penggunaan narkoba di lingkup mahasiswa.

"Kita juga perlu memeriksakan mahasiswa untuk mengetahui apa benar mereka itu terpengaruh dengan narkoba," tutur Heru. "Sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut. Dan mahasiswa harus diselamatkan dari ketergantungan narkoba."

Lebih jauh, ia membeberkan bahwa pihak BNN telah menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas. "Jadi, BNN dan universitas bertugas menyelamatkan mahasiswa dari pengaruh narkoba. Ini adalah tugas negara."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru