Gubernur Jabar Ridwan Kamil Minta Wacana Provinsi Bogor Raya Dihentikan
Instagram/ridwankamil
Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku kurang sepakat dengan wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya. Sebab menurutnya, Jawa Barat lebih membutuhkan pemekaran wilayah.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi ramainya wacana untuk menjadikan Bogor sebagai provinsi. Menurutnya, wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya hingga penggabungan Kota Bekasi dengan DKI Jakarta tidak memiliki urgensi.

Pria yang akrab disapa Emil tersebut menilai bahwa hal yang seharusnya menjadi prioritas adalah pemekaran di tingkat kabupaten atau kota. "Saya sudah sampaikan beberapa kali, sudahlah hentikan wacana pembentukan provinsi (Bogor Raya)," ujar Emil di Hotel Harris Ciumbuleuit, Bandung, Rabu (21/8).

Seperti diketahui, Jawa Barat adalah provinsi terpadat di Indonesia dengan jumlah total penduduk lebih dari 50 juta jiwa. Menurut Emil, daripada membentuk provinsi baru penduduk Jabar justru lebih membutuhkan minimal 40 kabupaten atau kota baru. "Fokus di sana saja,'' tambahnya.


Hal senada sebelumnya juga disampaikan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja sama Pemerintah Provinsi Jabar, Dani Ramdan. Ia menilai Jawa Barat membutuhkan setidaknya 40 kota atau kabupaten untuk mendukung akomodasi pelayanan publik dengan ideal. Sedangkan jumlah kabupaten saat ini masih ada 27 sehingga masih kurang. Jumlah tersebut bahkan jauh lebih sedikit dibandingkan Jawa Timur yang notabene jumlah penduduknya lebih sedikit.

''Kalau dilihat dari jumlah penduduk dan luas wilayah, Jabar idealnya memiliki 40 daerah kabupaten/kota,'' kata Dani dilansir dari Ayo Bandung, Kamis (22/8). "Tapi, tentu saja kita enggak terlalu ambisius itu semua tercapai dalam 5 tahun."

Dani menuturkan bahwa pihaknya saat ini tengah membentuk desk khusus untuk menangani calon daerah persiapan otonomi daerah. Adapun hal ini bertujuan untuk mempercepat pembentukan daerah otonom baru di Jawa Barat. '"Dalam lima tahun, minimal ada enam yang bisa diusulkan jadi DOB. Kalau lebih, ya enggak masalah," tutur Dani.

Wacana Provinsi Bogor Raya pertama kali digulirkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Usulan tersebut berkembang hingga menuai berbagai tanggapan. Bahkan sejumlah masukan seperti Bogor akan dimasukkan ke dalam wilayah Jakarta juga telah sampai ke telinga Bima.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait