Polri Siap Luncurkan SIM Dengan E-Money Bulan Depan
Nasional

Selayaknya kartu uang elektronik lain, Smart SIM ini juga bisa digunakan untuk membayar tol maupun transaksi lain. Mulai dikenalkan kemarin (22/8), Smart SIM akan beredar di Indonesia pada 22 September 2019 mendatang.

WowKeren - Apresiasi patut diarahkan kepada jajaran korps bhayangkara. Pasalnya sebulan dari sekarang, sebuah produk inovatif akan dihadirkan kepolisian untuk masyarakat Indonesia. Apa itu?

Dilansir dari laman Kompas, Polri dikabarkan akan meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang bisa difungsikan sebagai kartu e-money pada 22 September 2019. Informasi ini pun dibenarkan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri.

"Mulai tanggal 22 September 2019 (saat Hari Lalu Lintas Bhayangkara akan kita lakukan grand launching)," ujar Refdi dilansir oleh Kompas, Kamis (22/8). "Saat itu berlaku di seluruh Indonesia."

Smart SIM ini sendiri sudah mulai dikenalkan atau soft launching di Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (22/8). Nantinya, Smart SIM dilengkapi chip dengan kapasitas yang memadai untuk menampung seluruh data terkait pemegang SIM.

Tak hanya identitas diri, semua pelanggaran lalu lintas pemilik SIM juga akan tercatat di chip tersebut. Selain itu, chip tersebut juga akan berfungsi sebagai e-money.


"Kita lengkapi (SIM baru) dengan chip dengan kapasitas memadai (untuk) semua data atau kepentingan forensik kepolisian atau identitas pemegang SIM," tutur Refdi. "Semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat."

"Smart SIM dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp 2 juta," imbuhnya. "Dan dapat diisi oleh pemegang SIM."

Selayaknya kartu uang elektronik lainnya, Smart SIM ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembayaran tol, kereta api, belanja, dan lainnya. Oleh karena itu, Refdi berharap proses uji coba Smart SIM ini dapat berlangsung dengan baik.

"Untuk e-money masih dalam tahap uji coba selama beberapa bulan ke depan," jelasnya. "Mudah-mudahan juga berjalan sesuai harapan kita."

Dengan berbagai fitur baru ini, jelas SIM baru akan memiliki tampilan berbeda. Nantinya Smart SIM memiliki warna merah-putih dan berisi informasi data diri. Lalu ditemukan pula invisible ink berlogo lantas dan ditulis dengan font anti copy pada bagian depan SIM.

Kemudian, pada bagian belakang dilengkapi dengan dual hidden image bertuliskan "SIM & INA" serta microtext bertuliskan "SIM". Perbedaan lainnya, bila bagian belakang SIM lama memiliki background warna biru, maka pada Smart SIM akan didominasi warna putih.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru