Tolak Antar Jenazah Gunakan Ambulans, Ini Alasan Puskesmas Cikokol Tangerang
Nasional

Puskemas Cikokol Tangerang mengungkapkan alasannya menolak mengantar jenazah Husein (8) dengan ambulans. Menurut pihaknya mereka sudah melakukan hal sesuai dengan SOP yang berlaku.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan video seorang pria yang tengah membopong jenazah anaknya dengan berjalan kaki menuju rumah duka yang ada di Kampung Kelapa, Kota Tangerang.

Diketahui kejadian tersebut dikarenakan pihak Puskesmas Cikokol, Tangerang, yang menolak untuk meminjamkan ambulansnya untuk mengantarkan jenazah korban tenggelam di Sungai Cisadane tersebut ke rumah duka.

Pihak Puskesmas menyebutkan alasan merekat tidak bisa mengantarkan jenazah Husein (8) ke rumah duka dikarenakan ambulans hanya digunakan untuk membawa pasien terutama yang masih hidup. Petugas puskesmas tersebut juga mengaku bahwa apa yang dilakukannya sudah sesuai dengan standar operasional yang ada.

"Ambulans itu untuk mengangkut orang yang bernyawa. Nah tapi kalau jalurnya udah enggak ada, ada khusus mobil jenazah. Enggak bisa soalnya ada aturannya masing-masing," jelas Petugas Puskesmas Cikokol, Suryadi.

Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspitadewi menyebut alasan pihak puskesmas tidak mengantar jenazah dengan ambulans, sudah sesuai dengan standar operasioal prosedur (SOP) Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Pasalnya, ambulans hanya diperuntukkan untuk pasien dalam kondisi kegawatdarutaran, dan memerlukan penanganan cepat.


Tak hanya itu, beberapa peralatan medis yang ada di dalam ambulans juga harus dijaga supaya tetap steril sehingga tidak bisa untuk membawa jenazah. Bila mobil ambulans digunakan untuk mengangkut jenazah, maka ditakutkan akan berpengaruh pada perlengkapan medis yang ada di dalamnya.

"Ditambah di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril. Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut," jelas Liza.

Liza juga menambahkan bahwa pihak Pemkot Tangerang telah memiliki layanan mobil jenazah gratis, yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum yang bisa dihubungi melalui panggilan darurat. Atas kejadian tersebut, Liza menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga jenazah Husein.

Di lain pihak, Walo Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengungkap akan memberikan sanksi kepada petugas Puskesmas Cikokol dan memerintahkan inspektorat untuk melakukan audit Dinas Kesehatan.

"Semua saya akan evaluasi Dinas Kesehatan, Puskesmas," tegas Arief pada Minggu (25/8). "Bukan catatan lagi, tapi saya sanksi semua karena kenapa sih sistem (layanan ambulans) rigid (kaku) gini."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru