Ketua MPR Sebut Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Depan Istana Tak Ditindak Serius
Instagram/zul.hasan
Nasional

Menanggapi aksi pengibaran bendera Bintang Kejora yang dilakukan mahasiswa Papua di depan Istana Merdeka. Ketua MPR mengungkap bahwa aparat keamanan tidak menindak serius terkait aksi demonstrasi tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini diketahui sejumlah mahasiswa Papua di Jawa nekat menggelar aksi massa di depan Istana Merdeka, Jakarta. Namun aksi tersebut hingga saat ini menjadi perhatian karena para mahasiswa Papua tersebut mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam aksi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam menyelesaikan kerusuhan yang terjadi di Papua tersebut. Ia juga berpesan agar pemerintah tidak boleh salah langkah dalam mengambil tindakan.

"Saya minta pemerintah hati hati, sekali lagi hati-hati ini Papua itu kan multidimensi. Jangan sampai salah langkah, apalagi sampai salah arah," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8)

Zulkifli menilai jika aparat keamanan tidak melakukan tindakan tegas sehingga aksi unjuk rasa tersebut berakhir dengan pengibaran bendera Bintang Kejora. "Ini sejak 15 tahun terakhir, baru kali ini bendera bintang kejora berkibar. Tapi tidak ada tindakan serius dari aparat kemanan khususnya TNI-Polri," ujarnya.


Tak hanya itu, Zulkifli juga mengatakan jika masalah di Papua ini sudah melebar ke luar negeri. Untuk itu ia meminta pemerintah agar fokus pada satu masalah di Papua terlebih dahulu dan menunda pembahasan urusan lain.

"Jadi sekali lagi, pemerintah harus fokus ke salah satu masalah, seperti Papua ini," tegas Zulkifli. "Yang dianggap belum perlu, tunda dulu misalnya soal Ibu kota ya."

Sebelumnya, aksi unjuk rasa telah terjadi di beberapa wilayah di Papua. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas tindakan diskriminasi dan rasis yang diterima mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

Tak hanya di Papua, bahkan sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme, menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/8). Aksi tersebut didahului dengan longmarch dari Gedung Kemendagri dengan tujuan Istana Negara.

Setelah sampai di Istana Negara mereka membuat lingkaran yang dibatasi tali rafia, lalu mendendangkan musik dan menari tarian adat khas Papua. Tak sampai di situ, mereka juga mengibarkan bendera Bintang Kejora pada saat melakukan tarian tersebut.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait