Kondisi Kesehatan Menurun, BJ Habibie Jalani Rawat Intensif di RSPAD Gatot Soebroto
Nasional

mantan Presiden ke-3 RI BJ Habibie kembali menjalani rawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto. Sayangnya, Rubijanto selaku Sekretaris Pribadi BJ Habibie masih enggan memberitahukan alasan mengapa pria berusia 83 tahun itu dirawat,

WowKeren - Mantan Presiden Republik Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Pria yang kerap dipanggil BJ Habibie tersebut dilarikan ke rumah sakit terkait kondisi kesehatannya yang menurun.

"Kami konfirmasikan bahwa Bapak BJ Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Rubijanto, Sekretaris Pribadi (Sespri) BJ Habibie saat dikonfirmasi, Minggu (8/9).

Rubijanto menambahkan mantan Presiden RI ke-3 tersebut untuk sementara waktu tidak dapat dikunjungi karena harus beristirahat penuh. "Sesuai petunjuk TDK bahwa agar beliau (Habibie) mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh," katanya lewat pesan singkat. "Maka dari itu, untuk semetara waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi."

Sayangnya, Rubijanto tidak mau menjelaskan lebih detail mengenai sejak kapan Habibie dirawat di rumah sakit. Ia juga enggan menerangkan alasan mengapa BJ Habibie dirawat.


"Kami atas nama keluarga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan doa dari semua pihak, memohon kehadirat Allah SWT agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan agar dapat beraktifitas kembali," paparnya.

Kondisi kesehatan BJ Habibie yang menurun ini sudah bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, pada bulan Juli lalu diketahui BJ Habibie sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Hal tersebut bahkan dibenarkan oleh Ketua Umum Ikatan Cendiakiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie yang menjenguknya pada Senin (8/7) lalu. Ia juga memastikan pada saat itu kondisi mantan Presiden Ke-3 RI tersebut sudah stabil dan diperbolehkan untuk pulang.

Tak hanya itu, pada Maret 2018, pria berusia 83 tahun tersebut sempat dirawat di klinik Starnberg di Munich, Jerman, setelah mengalami kebocoran klep jantung. Kebocoran jantung yang ia alami saat itu mirip dengan sakit yang dialami sang istri, yaitu Ainun Habibie.

Kebocoran klep jantung yang dialami BJ Habibie tersebut membuat air menumpuk di paru-paru sampai 1,5 liter. Sehingga menyebabkannya merasa sulit benapas dan tekanan darah yang meningkat hingga 180 mmHg.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts