Pemkot Parepare Akan Jadikan Rumah Kelahiran Habibie Sebagai Museum
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Tak hanya membangun museum, Wali Kota Parepare Taufan Pawe juga berencana untuk membangun Taman BJ Habibie yang diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan sumber inspirasi.

WowKeren - Rumah tempat kelahiran Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie akan dijadikan sebagai museum. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe.

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat mengunjungi rumah Habibie yang ada di Parepare, Sulawesi Selatan, sesaat sebelum BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto. Ia mengatakan bahwa semasa hidupnya, Habibie pernah menantangnya untuk membuat museum di rumah kelahirannya.


"Ini adalah tempat yang kita akan jadikan museum satu satunya di dunia karena saya pernah menyampaikan kepada beliau (BJ Habibie)," kata Taufan dilansir dari Antara, Kamis (12/9). "Dan dia menantang saya dengan mengatakan 'saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum di rumah kelahiran saya'."

Taufan mengenang pertemuannya itu dengan BJ Habibie saat berkunjung ke Kota Parepare tahun 2017. Museum itu, rencananya akan dibangun di lokasi yang tidak seberapa jauh dari "Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun".

Ia menuturkan bahwa sebelumnya, rumah kelahiran Habibie tersebut telah menjadi aset Kementerian BUMN yang dimanfaatkan PT BNI'46. Namun kemudian rumah tersebut dialihkan menjadi aset daerah.

Rencananya, pembangunan museum tersebut akan dimulai tahun ini. Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, juga dikatakan Taufan telah mendukung rencana itu.

"Jadi saya bersama Bapak Habibie dan pihak BNI sudah bertemu, dan Alhamdulillah rumah beliau itu telah menjadi aset daerah sekarang," tutur Taufan. "Sehingga Insya Allah tahun 2020 kita mulai membangun museum tersebut."

Tak hanya museum, Pemkot Parepare juga kabarnya akan membangun Taman BJ Habibie. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan Habibie yang merupakan Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto itu sebagai edukasi dan inspirasi.

Kepergian Habibie untuk selamanya menyisakan duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Sandiaga Uno salah satunya, mengatakan bahwa Habibie merupakan sosok tokoh demokrasi yang telah membawa angin segar pada perubahan Indonesia.

You can share this post!

Related Posts
Loading...