Karhutla Makan Korban, Gerindra Desak Jokowi Copot Aparat Tak Berkompeten
Nasional
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Banyak warga Riau yang mengaku sesak napas lantaran kabut asap yang begitu tebal mengepung wilayah tersebut. Masyarakat pun berharap pemerintah bisa segera mengatasi masalah yang terjadi.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Indonesia dinilai sudah berada di tahap mengkhawatirkan. Mulai dari Sumatera hingga Kalimantan, sudah beberapa hektare lahan di pulau tersebut yang habis dilalap si jago merah.

Untuk diketahui, kabut asap di sejumlah wilayah Riau pada Kamis (12/9) menyebabkan jarak pandang hanya tembus 300 meter. Tak hanya itu, kabut asap yang pekat juga membuat seorang pemotor wanita hampir menjadi korban.

Pasalnya seorang ibu pengendara motor terlihat mengalami sesak napas hingga hampir pingsan saat berkendara di Kota Dumai, Riau, Jumat (13/9) pukul 07.00 WIB. Beruntung tiga orang pria langsung sigap membantu sang ibu dan melarikannya ke rumah sakit terdekat.

"Kejadiannya tadi pagi, di Sultan Syarif Kasim depan Kantor Bank Riau-Kepri," ujar Oyon, salah seorang warga sekitar, dilansir Detik News. "Ibu yang di atas motor tadi kabarnya mengalami sesak napas."

Kondisi ini pun menimbulkan keprihatinan dari sejumlah pihak. Salah satunya Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade.


Politikus asal Sumatera Barat ini mengungkapkan amarahnya lewat media sosial Twitter. Dalam cuitannya, ia menilai pemerintah sudah gagal mengatasi karhutla dan kabut asap yang mengepung Sumatera.

Ia pun mengaku kecewa lantaran Presiden Joko Widodo dan jajaran tampak "tak berdaya" melawan masalah tersebut. Andre lantas menagih janji Jokowi untuk memecat aparat TNI dan Polri yang tak berkompeten dalam memadamkan api di lokasi.

"Waktu debat Capres pak @jokowi dengan bangga bilang tidak ada kebakaran hutan," tulisnya lewat akun Twitter @andre_rosiade. "Sekarang asap sudah sampai kampung saya di Padang dan Wilayah Sumatera Barat."

"Janjinya udah enggak ada kebakaran, janjinya akan pecat pejabat TNI dan Polri kalo masih ada kebakaran," imbuhnya. "Faktanya NOL BESAR."

Tak ayal cuitannya pun menuai banyak komentar dari warganet. Dipantau dari kolom komentar, kebanyakan warganet turut menyalahkan mantan Wali Kota Solo itu lantaran masalah kabut asap tak kunjung diselesaikan.

Di sisi lain, tagar terkait karhutla Riau pun masih memuncaki daftar Trending Topic Indonesia. Lewat tagar #RiauDibakarBukanTerbakar, warganet berlomba-lomba menunjukkan keprihatinannya atas peristiwa yang terjadi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts