Satgas Karhutla Riau Tolak Uluran Tangan Anies Baswedan
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies telah melepas rombongan 65 petugas gabungan di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, pada Selasa (17/9).

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, diketahui memberikan bantuan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan mengirim 65 personel ke lokasi. Puluhan personel tersebut berasal dari sejumlah kalangan, mulai dari pemadam kebakaran, unsur Dinas Kesehatan, hingga relawan.

Anies menuturkan tim pertama yang berangkat akan ditempatkan di Riau. "Kemungkinan besar yang berangkat pertama ini ke Riau. Kemudian, bukan tidak mungkin sebagian akan dikirimkan ke Kalimantan Tengah," tutur Anies pada Selasa (17/9).

Meski demikian, uluran tangan Anies tersebut justru ditolak oleh Satgas Karhutla Riau. Mereka menyebut tak memerlukan bantuan Pemprov DKI lantaran merasa mampu mengatasi karhutla tersebut.

"Satgas Riau sepakat tidak memerlukan bantuan tim dari Pemprov DKI Jakarta," tutur Wadan Satgas Karhutla Edwar Sanger dilansir detikcom pada Rabu (18/9). "Tim kita masih mampu menangani masalah ini."


Namun Edwar mengaku pihaknya merasa berterima kasih atas niat baik Anies. Menurut Edwar, bantuan 65 personel untuk penanganan karhutla tersebut sebaiknya dikirim ke Sumatera Selatan dan Jambi saja.

"Titik api kita jauh berkurang, namun asap tetap pekat. Ini karena kiriman dari Sumsel dan Jambi, di mana arah angin dari keduanya sampai ke Riau," jelas Edwar. "Kalau hulu tidak dibenahi, ya asapnya dari Sumsel dan Jambi masih ke wilayah Riau."

Selain itu, Edwar juga menjelaskan bahwa Satgas Riau kini sudah berjumlah 5.800 orang dan bekerja maksimal setiap harinya. "Persoalan asap kan memang kita dapat kiriman. Jadi kalau titik api kita sudah jauh berkurang," tutur Edwar.

Sebelumnya, Anies melepas rombongan 65 petugas gabungan tersebut di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, pada Selasa (17/9). Rombongan tersebut terdiri dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 25 orang, Dinas Kesehatan sebanyak 10 orang yang akan membuat dua posko, BPBD sebanyak lima orang, Dinas Sosial sebanyak 10 orang, tim relawan Jakarta sebanyak 10 orang, serta tim pendukung sebanyak 5 orang.

Anies menyebut para petugas tersebut akan bekerja di bawah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Langkah ini disebutnya sebagai bentuk kepedulian Jakarta terkait musibah karhutla di sejumlah wilayah Indonesia. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut berharap agar karhutla bisa segera teratasi sehingga masyarakat yang terdampak bisa kembali bisa menghirup udara segar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait