Prihatin Soal Demo, Ridwan Kamil Dorong Masyarakat 'Protes' ke MK
Twitter/ridwankamil
Nasional

Menurut sang Gubernur Jabar, jalur konstitusional lewat MK telah disediakan oleh negara dan semestinya dimanfaatkan masyarakat. Ia lantas mencontohkan beberapa UU yang dibatalkan oleh MK.

WowKeren - Diketahui beberapa hari belakangan jalanan Indonesia dipenuhi dengan aksi massa. Pasalnya ribuan orang, terutama didominasi oleh kalangan mahasiswa, terjun demi menyuarakan aspirasi dan kegelisahan mereka atas berbagai kebijakan kontroversial dari pemerintah.

Aksi unjuk rasa ini pun menimbulkan efek samping. Mulai dari kerusakan fasilitas umum hingga timbulnya korban luka. Bahkan seorang mahasiswa demonstran di depan Gedung Parlemen sampai harus dioperasi lantaran mengalami luka berat.

Menanggapi situasi tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun buka suara. Lewat akun Twitter-nya, @ridwankamil, mantan Wali Kota Bandung itu mencoba "mendamaikan" keadaan. Ia menyerukan ajakan agar masyarakat memanfaatkan jalur konstitusional apabila menolak suatu kebijakan.

"Menyikapi situasi negeri hari ini, jika ada ketidaksetujuan dalam keputusan produk hukum ketatanegaraan, koalisi warga sebaiknya gunakan hak menolak melalui saluran formal ke Mahkamah Konstitusi," cuitnya pada Rabu (25/9). "Saya kira itu langkah yang patut menjadi budaya dalam penyelesaian perbedaan."

Dalam cuitannya, Ridwan pun memamerkan bukti keberhasilan MK dalam membatalkan sejumlah undang-undang kontroversial. Seperti UU Sumber Daya Air, UU MD3, hingga UU Koperasi.


Prihatin Soal Demo, Ridwan Kamil Dorong Masyarakat \'Protes\' ke MK

Twitter

Namun cuitannya ini ternyata tak mendapat respons positif dari masyarakat. Dilansir dari kolom komentar sang gubernur, warganet menilai jalur konstitusional sudah tak bisa lagi ditempuh.

Mereka mengaku sudah kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah. Sehingga turun ke jalan merupakan satu-satunya cara untuk menyampaikan aspirasi mereka.

"Punten Kang. DPR itu digaji rakyat buat hasilin UU yang berkualitas. Terus stlh keluar, ternyata proses dan hasilnya kacau dan rakyat juga yg diminta menolak dan menggugat pake uang sendiri?" protes @Erz******an. "Ini mah skornya DPR 2-0 Rakyat. Trs DPR-nya kena apa kl UU ditolak? Tetap aja bobo cantik."

"Maaf pak @ridwankamil kami sudah krisis kepercayaan, kita selesaikan dijalanan," tulis @ahma********din. "Punten pak, indonesia lagi krisis kepercayaan. Jadi hal yang wajar kalau pada akhirnya mahasiswa demo besar besaran," imbuh @Putr******na2.

Sementara itu, DPR RI memutuskan untuk menunda pengesahan empat RUU kontroversial menyusul besarnya gelombang protes dari masyarakat. Namun mahasiswa demonstran mengaku masih belum puas, lantaran mereka meminta pembatalan dan bukan sekadar penundaan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru