Kerap Lakukan Inovasi Digital, Ridwan Kamil Sabet Penghargaan Inspirational Leader Asia Pasifik
Instagram
Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berhasil meraih penghargaan Inspirational Leader di Asia Pasifik. Penghargaan ini diberikan berkat inovasi digital yang kerap dilakukannya selama memimpin Jawa Barat.

WowKeren - Sosok Ridwan Kamil atau yang kerap disapa sebagai Emil dikenal sejak ia menjabat sebagai Wali Kota Bandung pada 2013 hingga 2018. Saat ini lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Berkeley California itu tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) sejak 2018.

Baru-baru ini Ridwan Kamil dikabarkan baru saja meraih penghargaan sebagai Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik pada ajang GovInsider Innovation Awards 2019. Ajang yang diadakan di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik Bangkok, Thailand itu dilaksanakan pada Rabu (16/10).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Principal Princess of the Kingdom of Eswatini Ratu Sikhanyiso dan Jonathan Wong selaku Chief of Technology and Innovation UN ESCAP, yang merupakan badan dari PBB di bidang ekonomi dan sosial di Asia Pasifik. Ridwan Kamil meraih penghargaan tersebut karena dianggap telah membawa inovasi yang visioner khususnya tentang inovasi digital yang dilakukannya untuk mempercepat pembangunan di Jawa Barat.


Politisi yang seorang arsitek itu kemudian mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan kebanggaan bagi pemerintah serta warga Jawa Barat. Harapannya, penghargaan ini menjadi suntikan motivasi bagi Pemprov Jabar dan masyarakat untuk kembali menciptakan inovasi.

"Prinsip hidup saya sederhana kalau kerja karena kebutuhan, karena kewajiban, bekerja dengan kecintaan," kata Emil yang dilansir Kompas pada Rabu (16/10). "Kalau dapat penghargaan alhamdulillah kalau tidak juga bukan tujuan. Tapi yang membanggakan karena levelnya bukan Indonesia lagi tapi Asia Pasifik."

Selain Ridwan Kamil, Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Jabar juga meraih penghargaan Best Adaptation untuk Program Desa Digital dan Best Team Under 35 untuk unit Jabar Digital Service. Hal ini karena Pemprov Jabar dinilai telah menemukan cara melayani publik dengan lebih baik dan meningkatkan pelayanan publik. Beberapa pelayanan publik Jabar yang menggunakan konsep digital diantaranya seperti proyek Desa Digital, Sapawarga, Open Data, Jabar Digital Service, Jabar Sapu Bersih Hoaks, dan lain-lain.

Jabar Digital Service dianggap unik karena mengajak warga milenial untuk bergabung ke dalam birokrasi guna melayani kebutuhan membuat aplikasi pemerintah. Adapun penghargaan Best Adaptation untuk Desa Digital diberikan karena program ini berhasil berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa melalui penyediaan infrastruktur dan inovasi digital.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru