Fahri Hamzah Kritik Sewa Mobil Mercy Gratis Untuk Tamu Negara, Sindir Istana Payah
Instagram/fahrihamzah
Nasional

Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menyoroti penyewaan mobil Mercedes Benz untuk tamu VVIP Negara yang akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada Minggu (20/10).

WowKeren - Pihak Istana telah menyiapkan sejumlah kendaraan mewah bagi para tamu negara yang akan menghadiri pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Minggu (20/10). Sebanyak 18 mobil Mercedes Benz yang telah disediakan bagi para tamu VVIP ini rupanya bebas biaya sewa.

"Khusus penyiapan kendaraan VVIP dan Cadangan VVIP, Sekretariat Presiden telah bekerja sama dengan Mercedes Benz Indonesia," jelas Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, pada Sabtu (19/10). "Dan mendapatkan dukungan kendaraan tanpa dikenakan biaya sewa."

Penyewaan mobil mewah tanpa biaya ini rupanya justru mendapat kritik dari mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Menurut Fahri, penyewaan gratis semacam ini dilarang. Ia juga menyinggung istilah "Quid Pro Quo" yang secara harafiah berarti "ini untuk itu" atau dapat juga diartikan sebagai harus ada timbal balik atas tindakan yang dilakukan seseorang dimana pihak lain mendapatkan jasanya.

"Justru tidak boleh. Ini namanya #QuidProQuo," cuit Fahri pada Sabtu (19/10) sambil mengutip artikel tentang sewa mobil gratis untuk tamu negara. "Istana payah."


Fahri Hamzah

Twitter

Selain itu, Fahri juga mengkritik istana yang dinilainya salah konsep. Menurut "Quid Pro Quo" ini serupa dengan konflik kepentingan.

"Istana ini dikelola oleh siapa sih...baru mau mulai saja sudah salah konsepnya... #QuidProQuo mobil gratis itu adalah #TanamJasa yang berbahaya...waspadalah," lanjut Fahri. "Soal #QuidProQuo itu, penegak hukum juga banyak yg gak paham etikanya... sama dengan #ConflictOfInterest ... itu soal rasa...pejabat publik itu harus dibuatkan peradilan erika yang tinggi...citarasa etikanya harus tinggi."

Di sisi lain, Sekretariat Negara juga tidak hanya menyiapkan mobil bagi tamu VVIP saja. Sebanyak 66 unit kendaraan pendukung tamu negara juga telah disiapkan dengan total anggaran mencapai Rp 1 miliar.

Selain mobil, Istana juga menyiapkan akomodasi bagi para tamu negara tersebut untuk penginapan. Beberapa hotel yang direkomendasikan olehnya adalah Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Hotel Sultan, hingga Hotel Four Seasons. Alasannya, hotel-hotel tersebut dekat dengan Gedung MPR/DPR.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel