Jokowi Kembali Tunjuk Kader NasDem Jadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Nasional

Selain Sri Mulyani, satu lagi menteri yang mendapat kesempatan untuk kembali membantu Jokowi di kabinet adalah Siti Nurbaya Bakar. Ia ditunjuk sebagai Menteri LHK.

WowKeren - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan bahwa pihaknya siap menjadi oposisi. Hal itu untuk menjaga keseimbangan demokrasi lantaran saat ini banyak parpol yang memilih untuk merapat ke pemerintah.

Namun ditengah berembusnya isu NasDem bakal menjadi oposisi, Presiden Joko Widodo alias Jokowi justru menunjuk Siti Nurbaya untuk kembali mengemban tugas sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) di kabinet Jokowi jilid II. Diketahui, Siti merupakan kader Partai NasDem.

Siti mengatakan bahwa dirinya boleh mengumumkan pada publik terkait jabatannya itu. "Bahwa ada kewajiban penugasan untuk melanjutkan ada tugas-tugas harus diselesaikan," kata Siti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (22/10).

Siti menuturkan bahwa Jokowi memintanya untuk menyelesaikan hal-hal yang sudah dijalani selama periode pertama. Tak hanya itu, Siti juga diminta untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi saat dirinya menjabat sebagai menteri, yang hingga kini belum tuntas.


"Secara khusus disebutkan Perhutanan sosial, yang sebetulnya sudah berjalan, dibutuhkan kecepatan," ujar Siti. "Ini tentu terkait dengan kesempatan kerja, perhatian Presiden perlindungan lingkungan, sungai air, persoalan reboisasi dan rehabilitasi lahan untuk mengurangi bencana alam."

Selain Siti, kader NasDem lain yang juga dipanggil oleh Jokowi ke Istana adalah Syahrul Yasin Limpo. Meski tidak dijelaskan di posisi menteri apa dirinya akan ditempatkan, Syahrul mengaku diminta oleh Jokowi untuk mengurusi masalah pertanian dan perikanan.

"Saya tidak disampaikan jadi menteri apa," kata Syahrul masih dilansir dari CNN Indonesia. "Poinnya tadi ditanyakan kepada saya bagaimana 265 juta jiwa penduduk bisa hidup lebih baik, damai, tenteram di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan lain-lain."

Siti bukanlah satu-satunya menteri yang mendapat kesempatan untuk kembali menjabat di kabinet Jokowi jilid kedua. Sebelumnya, ada Sri Mulyani yang juga mengaku telah ditunjuk kembali oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Keuangan.

"Beliau (Presiden Jokowi) menugaskan saya untuk menjadi Menteri Keuangan," ujar Sri di Jakarta, Selasa (22/10).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait