Sudah Diteken MenPAN-RB Tjahjo, Seleksi CPNS Siap Dibuka 11 November
Nasional

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengaku telah menandatangani berkas-berkas terkait pelaksanaan seleksi CPNS 2019 yang sempat tertunda lantaran peralihan jabatan. Dikabarkan seleksi akan dibuka pada 11 November 2019 mendatang.

WowKeren - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 menjadi salah satu gelaran nasional yang paling ditunggu banyak masyarakat Indonesia. Sedianya pengumuman terkait seleksi CPNS 2019 disampaikan pada Jumat (25/10) pekan lalu, namun rupanya hingga kini hal itu belum terwujud.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun menyampaikan alasannya. Salah satunya terkait adanya perubahan pucuk pimpinan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), yang semula dipegang oleh Syafruddin berganti kepada Tjahjo Kumolo.

Namun kini "hilal" soal seleksi CPNS 2019 tampaknya kembali terlihat. Dilansir dari Liputan 6, rupanya surat terkait pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2019 sudah ditandatangani oleh MenPAN-RB Tjahjo. "Saya hari ini menandatangani pendaftaran CPNS," ujar Tjahjo ketika dikonfirmasi, Senin (28/10).

Dalam lembaran yang telah ditandatangani tersebut, tertulis bahwa pendaftaran seleksi CPNS akan dibuka di 68 kementerian/lembaga. Selain itu sebanyak 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kota juga akan membuka pendaftaran CPNS.

Rencananya pendaftaran itu siap dibuka pada 11 November 2019 mendatang. Seperti tahun lalu, pendaftaran akan dilakukan secara online melalui SSCASN BKN. Pelamar diketahui hanya boleh melamar di satu instansi dan formasi jabatan.


Selain itu, dalam pernyataan yang telah diteken oleh Tjahjo tersebut, juga disampaikan perihal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKD yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) alias berbasis komputer akan digelar mulai Februari 2020. Sedangkan SKB selambat-lambatnya akan dimulai pada Maret 2020.

Di sisi lain, akun Twitter resmi BKN pun mulai memberikan kode soal pembukaan seleksi CPNS 2019 ini. Lewat cuitannya pada Senin (28/10) pukul 08.37 WIB, @BKNgoid mengutip lirik lagu dari penyanyi Ridho Rhoma.

Kendati demikian, belum ada keterangan lebih lanjut perihal jadwal pelaksanaan seleksi di akun tersebut. Namun dikabarkan pengumuman terkait seleksi CPNS 2019 akan disampaikan hari ini.

Sudah Diteken MenPAN-RB Tjahjo, Seleksi CPNS Siap Dibuka 11 November

Twitter

Sementara itu, sebelumnya, Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, menegaskan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Menteri Tjahjo soal pelaksanaan seleksi CPNS 2019. Namun ia memperkirakan pengumuman resmi terkait seleksi akan dilakukan pada akhir Oktober 2019.

"Kalau kami tetap mempertahankan di akhir Oktober ini. Tepatnya nanti (dirundingkan) dengan Pak Tjahjo dulu," tutur Setiawan. "Kalau seumpamanya arahan dari pak menteri baru tanggal sekian, ya kita akan kabarkan lagi."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait