Diminta PDIP Jaga Etika Berkoalisi, NasDem: Kami Paling Komit Dukung Jokowi
Nasional

Pernyataan PDIP yang meminta agar NasDem menjaga etika berpolitik muncul usai pertemuan antara Ketum NasDem Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

WowKeren - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta agar Partai Nasional Demokrat (NasDem) bisa menjaga etika dalam berpolitik. Hal tersebut menanggapi NasDem yang membuka peluang kerja sama politik dengan PKS.

Terkait hal ini, NasDem buka suara. Bendahara Umum NasDem Ahmad M Ali menegaskan bahwa partainya adalah yang paling berkomitmen mendukung Joko Widodo alias Jokowi. Sejak Pilpres 2014. partai yang diketuai oleh Surya Paloh tersebut memang konsisten mendukung Jokowi.

"NasDem adalah partai yang paling komit mendukung dan mengusung Pak Jokowi sejak 2014," kata Ali, Kamis (31/10). "Kalau berpikir bahwa NasDem harus menjaga etika berkomitmen dalam koalisi, saya kira NasDem ini lebih komitmen daripada partai lainnya dalam mendukung dan menjaga Pak Jokowi."

Terkait pertemuan antara NasDem dengan PKS, hal itu merupakan bentuk silaturahmi antara parpol yang wajar dilakukan. Sebab sebagai partai koalisi, NasDem tidak harus bermusuhan dengan oposisi.


Lebih lanjut, Ali meminta menyarankan agar PDIP bisa lebih bersikap dewasa menghadapi semua itu. Sebab, masih ada masalah yang lebih besar yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia.

"Seharusnya PDIP bisa lebih dewasa melihat bahwa pertemuan kami dengan PKS itu silaturahmi murni," tegas Ali. "Tidak ada kesepakatan politik selain menjaga bangsa kita dari radikalisme yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia."

Ali menegaskan bahwa esensi berpolitik adalah bukan untuk saling bermusuhan. Perbedaan pandangan dalam berpolitik adalah hal yang wajar dan tidak serta merta perbedaan tersebut membuat parpol harus memusuhi satu sama lain. "Jadi kalau ada orang seperti itu, berpikir beranggapan NasDem sebagai duri dalam daging itu pemikiran picik namanya. Kita ini berpolitik bukan untuk bermusuhan," lanjut Ali.

Terkait peluang kerja sama politik antara NasDem dengan PKS, Ali menuturkan bahwa selama ini kedua partai tersebut kerap melakukan koalisi di sejumlah Pilkada. "Dan bukan berarti karena kita beda sikap politik kita harus bermusuhan, tidak seperti itu," tegas Ketua Fraksi NasDem di DPR ini.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait