Niatnya Sambangi PAN Disambut Positif, NasDem Makin Mantap Jadi Oposisi?
Nasional

Safari politik Partai NasDem masih berlanjut usai menggelar pertemuan dengan PKS beberapa hari lalu. Kali ini dikabarkan NasDem akan menyambangi 'markas' PAN.

WowKeren - Akhir-akhir ini manuver politik Partai Nasional Demokrat semakin tak terprediksi. Kendati selalu mengaku tetap menjadi koalisi pemerintah, nyatanya NasDem justru kerap kedapatan "mesra" dengan partai dari kubu oposisi.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu Ketua Umum NasDem Surya Paloh menggelar pertemuan dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Kekinian dikabarkan Paloh dan rekan-rekan siap menyambangi markas Partai Amanat Nasional (PAN).

Menanggapi niat tersebut, Waketum PAN Hanafi Rais pun mengaku siap menyambut NasDem. Tak hanya itu, PAN juga mengaku terbuka untuk potensi koalisi dengan NasDem.

Awalnya Hanafi sempat mengungkapkan apresiasinya atas safari politik NasDem. Ia pun memastikan pihaknya siap menerima dan menyambut NasDem dengan tangan terbuka.

"Saya kira apapun yang namanya safari politik (dari Nasdem) atau bahasa kita silaturahim tentu insya Allah ada hikmah ada kebaikan disitu," ujar Hanafi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (1/11). "Namanya juga ada silaturahim tentu kita terima."


Kendati demikian, Hanafi mengaku belum mengetahui jadwal kunjungan NasDem ke partainya. Tetapi ia meyakini PAN akan menyambut baik pertemuan tersebut. Apalagi kedua partai diketahui belum menggelar pertemuan formal pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Tentu pembicaraannya apa yang mau disampaikan dalam pertemuan itu, ya kita tunggu saja kalau memang akan ada pertemuan itu," katanya, dilansir dari laman Republika. "Jadi harap bersabar nanti kalau ada pasti teman-teman juga hadir."

Terkait dengan posisi PAN di pemerintahan, ia mengaku akan fokus mengkritik dan mengawasi kerja Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Oleh karena itu Hanafi mengaku pihaknya belum memikirkan lebih lanjut perihal kemungkinan berkoalisi dengan NasDem, apalagi di Pilkada 2020 dan Pilpres 2024.

"Jadi kalau fungsi kita sekarang ini, ya," jelas Hanafi. "Menjadi fungsi bagian dari check and balance di sistem politik kita yang menganut sistem demokrasi."

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, mengungkapkan rencana partainya menyambangi PAN. Namun ia belum memastikan kapan pertemuan itu akan digelar. "Ada rencana begitu, tapi waktunya mungkin setelah tergores," ujar Willy, Jumat (1/11).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru