Diisukan Jadi Dewan Pengawas KPK, Antasari Azhar: Siapa Yang Nunjuk?
Nasional

Antasari Azhar angkat berbicara soal kabar yang mengatakan dirinya telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

WowKeren - Presiden Joko Widodo tengah mencari nama-nama yang dirasa tepat untuk mengisi jabatan sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejumlah nama yang belakangan ini diisukan akan menjadi Dewan Pengawas KPK adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

Antasari Azhar lantas angkat berbicara mengenai isu ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengisi posisi anggota Dewan Pengawas KPK. Sejauh ini, Antasari mengaku belum pernah berkomunikasi dengan Jokowi untuk membahas masalah Dewan Pengawas.

"Siapa yang nunjuk? Saya aja belum tahu," kata Antasari seperti dilansir dari Kumparan, Rabu (6/11/2019). "Saya enggak pernah ditunjuk, belum pernah dipanggil, bicara, dan komunikasi ke Pak Jokowi."

Antasari mengaku heran bagaimana bisa namanya muncul dan dikabarkan masuk dalam bursa kandidat. Dirinya mengaku selama ini selalu mengikuti perkembangan politik terbaru salah satunya terkait kontroversi revisi UU KPK.


"Saya kan mengamati perkembangan yang ada, mulai dari revisi UU KPK, nah mulai ada muncul pembentukan Dewan Pengawas," jelas Antasari. "Muncullah nama-nama orang, yang enggak tahu datang dari mana dan masuk nama saya di situ."

Lebih lanjut Antasari mengatakan jika penunjukan Dewan Pengawas sepenuhnya merupakan kewenangan Presiden Jokowi. Ketentuan itu sudah tertuang dalam UU KPK baru hasil revisi yang saat ini sudah mulai berlaku.

Saat disinggung soal perlunya dibentuk Dewan Pengawas KPK, Antasari mengaku jika dirinya setuju perlu adanya pihak yang mengawasi KPK. Menurutnya, pengawasan ini perlu dilakukan dengan tujuan utama Dewan Pengawas memang benar-benar untuk memberantas korupsi.

"Pembentukan Dewan Pengawas adalah kewenangan mutlak presiden, jadi apa pun itu, tanyakan presiden," ucap Antasari. "Perlu menurut saya, kalau kita ingin KPK kuat. Jadi, itu kewenangan Pak Jokowi. Berilah kepercayaan beliau, beliau tahu apa yang harus diperbuat."

Antasari pun enggan berandai-andai jika nantinya benar dipilih sebagai Dewan Pengawas KPK oleh Jokowi. Ia juga enggan mengusulkan nama-nama yang dirasa cocok untuk menduduki jabatan Dewan Pengawas KPK.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru