Hari Ini Pendaftaran CPNS Online Resmi Dibuka, Simak Dokumen Yang Harus Disiapkan
Nasional

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Online 2019 resmi dibuka hari ini, berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk seleksi administrasi.

WowKeren - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada hari ini, Senin (11/11). Informasi dan proses pendaftaran ini dapat dilakukan secara daring (online) melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id.

Finalisasi verifikasi data dan validasi formasi lowongan CPNS 2019 telah diusahakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar bisa diakses oleh publik terhitung sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengimbau agar masyarakat yang berminat segera mendaftar secepatnya setelah pendaftaran resmi dibuka.

Saran ini diberikan agar pelamar dapat mengidentifikasi lebih cepat terkait segala permasalahan maupun perbaikan setelah mendaftar. Menurut Paryono, selama ini masyarakat tidak pernah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan melakukan pendaftaran di hari pertama.

Hal ini membuat terkadang berbagai permasalahan yang sering terjadi menjadi sulit ditangani jika batas akhir pendaftaran akan segera ditutup. "Imbauannya agar mengelola waktu dengan baik, jangan mendaftar pada saat-saat akhir agar jika ada masalah diketahui lebih awal," ujar Paryono seperti dilansir dari CNNIndonesia, Minggu (10/11).

Tahap pertama pada CPNS 2019 ini adalah seleksi administrasi. Maka calon pendaftar harus benar-benar memastikan kelengkapan dokumen yang menjadi syarat sesuai dengan formasi yang akan dilamar. Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran di portal SSCASN adalah sebagai berikut ini:

1. Pas Foto berwarna berlatar belakang merah.

2. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


3. Ijazah.

4. Transkrip nilai.

5. Surat lamaran.

6. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan sesuai instansi yang diminati.

Dokumen ini lantas dikirim lewat portal SSCASN setelah pelamar melakukan pendaftaran (login) pada website tersebut. Pelamar akan login dengan menggunakan kata kunci dan Nomor Induk Kependudukan.

Pelamar kemudian akan diminta melengkapi data dengan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun. Selanjutnya pelamar dipersilahkan memilih jabatan dan melengkapi biodata disertai keterangan pendidikan. Terakhir, pelamar diharuskan mengunggah seluruh dokumen persyaratan yang sudah disiapkan dan mencetak kartu pendaftaran.

Nantinya pihak BKN akan melakukan verifikasi berkas. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti seleksi lanjutan sesuai ketentuan.

Tes ini berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) yang rencananya akan dimulai pada bulan Februari 2020. Sementara itu untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diadakan pada Maret 2020.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait