BIN Buka Pendaftaran CPNS 2019 Untuk Lulusan SMA, Intip Syaratnya
Nasional

Badan Intelijen Negara telah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Bahkan lulusan SMA mendapat peluang untuk bergabung dalam BIN tahun ini.

WowKeren - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah resmi dibuka pada Senin (11/11). Badan Intelijen Negara (BIN) membuka formasi CPNS 2019 khusus untuk pengamanan siber.

BIN mencari masyarakat yang memiliki latar belakang kuliah di bidang teknologi dalam CPNS tahun ini. Bahkan BIN juga membuka peluang bagi lulusan SMA yang berminat untuk bergabung.

Tahun ini BIN memiliki dua tipe formasi yaitu umum dan khusus. Formasi pertama yakni umum untuk jabatan seperti analisis intelijen. Sedangkan formasi kedua yaitu khusus diperuntukkan bagi tenaga pengamanan siber.

Formasi khusus akan membuka lowongan bagi lulusan SMA, D3, D4, dan sampai S1. Lowongan D4 Teknik Informatika dibuka untuk jabatan Pranata Komputer Ahli Pertama, namun lulusan ini harus mampu bersaing juga dengan peserta lulusan S1 dari berbagai jurusan.

Sementara itu untuk lulusan D3 diperuntukkan bagi yang memiliki latar belakang komputer untuk mengisi jabatan Pranata Komputer Pelaksana Terampil. Sedangkan bagi lulusan SMA mereka dapat mengisi jabatan Pranata Komputer Pelaksana Pemula.

Berikut merupakan persyaratan CPNS formasi khusus BIN. Syarat ini berdasarkan pengumuman instansi tersebut Nomor : Peng - 11 / XI / 2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Intelijen Negara Tahun Anggaran 2019.

a. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.

b. Usia per 1 Desember 2019 (dihitung sejak tanggal lahir yang terdapat pada ijazah yangdigunakan untuk melamar) maksimal 35 tahun.


c. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

d. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, calon anggota/anggota TNI/Polri, anggota dan/atau pengurus partai politik.

e. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

f. Memiliki latar belakang pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan, diutamakan memiliki jaringan yang luas atau pengalaman berorganisasi, baik di bidang akademis maupun organisasi kemasyarakatan.

g. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.

h. Sehat jasmani rohani, tidak buta warna dan jika berkacamata maksimal +(plus)/-(minus) 1,0.

i. Tinggi badan bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal.

j. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait