Perkuat Wisata Alam Indonesia, Wishnutama Bakal Fokus Masalah Sampah
Instagram/wishnutama
Nasional

Potensi pariwisata Indonesia ada pada keindahan alam dan budayanya. Oleh sebab itu, perlu komitmen untuk menjaga alam Indonesia tetap lestari, terutama dari ancaman pencemaran sampah.

WowKeren - Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia memiliki keindahan alam yang tiada tara. Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali tempat-tempat yang memiliki potensi wisata alam yang patut dibanggakan.

Untuk itu, keindahan alam Indonesia perlu untuk dijaga. Hal itu jugalah yang menjadi fokus Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Wishnutama. "Saya sangat concern pada konservasi alam," katanya dilansir dari Detik, Kamis (14/11).

Ia menilai bahwa Indonesia memiliki potensi wisata yang berasal tak hanya dari keindahan alamnya namun juga budaya lokal. Jika berbicara mengenai potensi wisata alam di Indonesia, ada banyak tempat menarik yang ditawarkan mulai dari dasar laut hingga puncak gunung.

Namun, tidak dipungkiri bahwa tak sedikit pula tempat-tempat yang indah tersebut harus tercemar karena keberadaan sampah. Untuk itu, Wishnutama akan fokus untuk menangani masalah sampah guna mendongkrak potensi wisata di Indonesia.

"Saya katakan berkali-kali, kekuatan pariwisata kita di alam dan budaya," lanjut Wishnutama. "Makanya, masalah sampah-sampah di tempat wisata akan kita perhatikan."


Keberadaan sampah dikhawatirkan bisa merusak alam Indonesia. "Saya tidak mau alam Indonesia rusak, sayang dong keindahan Tuhan yang diberikan ini," sambung Wishnutama.

Untuk menjaga agar alam Indonesia bebas dari yang namanya sampah, maka diperlukan sinergi antara semua pihak. Tak hanya pemerintah, masyarakat juga harus sadar diri bahwa mereka memiliki kewajiban untuk menjaga alam tempat mereka tinggal.

Manfaat itu nantinya juga akan kembali pada masyarakat sendiri. Ia kemudian mencontohkan Bhutan. Dikatakannya, komitmen tegas pemerintah Bhutan untuk menjaga alam membuat negara tersebut banyak dikunjungi oleh turis.

"Lihat Bhutan, mereka menjaga alam dan dari situ turis datang dari berbagai belahan dunia," kata Wishnutama menjelaskan. "Kalau kita menjaga alam, maka akan menyejahterakan kita sendiri."

Ia pun menegaskan bahwa dirinya akan selalu tetap berkomitmen untuk menjaga alam dan budaya Indonesia. "Jauh sebelum jadi menteri, saya sudah concern pada alam dan budaya. Itu prinsip saya, bagaimana alam dan budaya Indonesia yang luar biasa ini tetap terjaga baik," pungkas Wishnutama.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait