Ramai Soal 'Desa Siluman', Mendes Klaim Tak Menemukan
Nasional

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim turut buka suara soal fenomena 'desa siluman' yang sempat menjadi viral beberapa waktu terakhir. Ia mengklaim jika pihaknya tak menemukan adanya desa tersebut.

WowKeren - Fenomena "desa siluman" sempat menjadi topik hangat beberapa waktu terakhir. Tak sedikit pihak yang turut buka suara dan ikut menginvestigasi kasus tersebut.

Kali ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan jika pihaknya tak menemukan "desa siluman" yang tengah ramai diperbincangkan oleh publik. Ia bahkan membantah akan keberadaan desa yang tak berpenduduk dan sengaja dibangun untuk menerima kucuran dana desa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sejak awal sudah kami katakan bahwa dari perspektif Kemendes tidak ditemukan adanya desa yang disebut-sebut itu," kata Abdul di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Rabu (13/11). Tak hanya itu, ia juga mempertanyakan soal definisi dari desa fiktif yang dimaksud oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menurutnya, antara satu kementerian dan kementerian yang lain harus mempunyai perspektif yang sama mengenai fenomena desa fiktif. "Apa sih yang dimaksud dengan (desa) hantu? Apa yang dimaksud desa siluman? Apa yang dimaksud desa fiktif dan seterusnya?" katanya mempertanyakan.


"Jadi kita harus samakan persepsi dulu karena dari perspektif data-data yang lengkap di Kemendes, kami enggak temukan (desa fiktif)," sambungnya. Lebih lanjut, ia juga mengklaim jika pihaknya mempunyai laporan yang lengkap terkait pembangunan desa dari waktu ke waktu.

Di mana dalam laporan tersebut terdapat desa-desa yang menerima kucuran dana dari Kementerian Keuangan. Abdul juga mengatakan jika dirinya akan terbuka jika seandainya ada pihak yang ingin melihat laporan pembangunan desa tersebut.

Sebelumnya diberitakan jika Menkeu Sri Mulyani menarik ucapannya soal desa fiktif tersebut. Dalam pernyataan yang disampaikannya pada Senin (11/11) lalu, mantan Managing Director Bank Dunia itu mendadak menyebut desa-desa siluman sudah tak ada lagi di daerah tersebut.

"Iya, sudah (hilang)," ujar Sri Mulyani ketika ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, dilansir dari Tribun News pada Rabu (13/11). "Sudah tidak ada."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru