El Rumi Bagikan Tips Belajar ke Luar Negeri, Ternyata Segini Biaya Kuliahnya Setahun
Instagram/elelrumi
Selebriti

El Rumi menunjukkan kesehariannya sebagai mahasiswa sebuah perguruan tinggi di London, Inggris. Putra kedua Maia Estianty ini juga mengungkapkan biaya yang ia butuhkan untuk kuliah.

WowKeren - El Rumi enggan mengesampingkan pendidikan meski ia sudah menjadi selebriti Tanah Air. Setelah lulus SMA, putra kedua Ahmad Dhani dan Maia Estianty tersebut melanjutkan pendidikan di sebuah universitas di kota London, Inggris.

Belum lama ini, El mengungkapkan kesehariannya selama menjadi mahasiswa di London melalui vlog yang diunggah di YouTube. Adik Al Ghazali tersebut menunjukkan suasana kampus tempat ia menuntun ilmu, seperti ruang belajar, kantin, perpustakaan, asrama, dan masih banyak lagi.

Selain itu, El juga memberikan beberapa tips untuk masyarakat Indonesia yang ingin menimba ilmu di luar negeri. Mulai dari memilih lokasi sesuai tujuan pendidikan, menyiapkan keuangan, hingga mempersiapkan mental sebelum berangkat ke negara lain.

"Salah satu tipsnya adalah menyiapkan dana atau uang. Karena di luar negeri, apalagi London, semuanya serba mahal. Termasuk sewa rumah, biaya listrik, dan air," ungkap El di kanal YouTube miliknya pada Jumat (15/11). "Jadi menurut gue, duit jadi syarat penting ya. Karena kalau misal enggak ada duit kemudian struggle ya enggak enak juga."


Melanjutkan pembicaraannya tentang uang, El mengungkapkan bahwa biaya kuliahnya di London bisa mencapai 13 ribu poundsterling atau sekitar Rp235 juta tiap tahunnya. Angka tersebut masih belum termasuk beberapa biaya tambahan.

"Nih gue breakdown ya, kurang lebih biaya kuliah gue di University of Westminster tuh 13 ribu poundsterling atau sekitar Rp235 juta," jelas El. "Itu biaya pertahun dan baru tuition fees-nya (biaya pokok kuliah atau seperti semesteran, belum termasuk biaya lainnya) doang."

Lebih lanjut, El mengaku ada perbedaan biaya untuk mahasiswa lokal dan internasional. Namun kekasih Marsha Aruan ini juga menegaskan bahwa biaya yang ia sebutkan belum tentu sama untuk jurusan lainnya.

"Di sini murid internasional dan lokal itu dibedain banget harganya. Kalau enggak salah murid lokal sekitar 8 ribu sampai 9 ribu-an poundsterling pertahun. Nah kalau (mahasiswa) internasional 13 ribu poundsterling," papar El. "Kalau gue kan di sentral London dan jurusannya bisnis, jadi sekitar segitu harganya. Selebihnya bisa dicek sendiri di website universitas yang dituju masing-masing."

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru