Viral Larangan Tulis Ucapan Natal di Atas Cake, Bakery Tous Les Jours Buka Suara
Nasional

Dalam foto yang viral, tampak tulisan bahwa pihak bakery tidak boleh menulis ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam, di antaranya adalah ucapan Natal, Imlek, hingga Valentine.

WowKeren - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya foto dan video yang menampilkan pengumuman di salah satu gerai bakery Tous les Jours. Unggahan tersebut memperlihatkan aturan penulisan ucapan di atas cake "dilarang bertentangan dengan syariat Islam".

Salah satu warganet yang membagikan video dan foto tersebut adalah akun Twitter @Mey_MeynieJT. Foto yang dibagikan menunjukkan tulisan bahwa pihak bakery tidak boleh menulis ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam, di antaranya adalah ucapan Natal, Imlek, hingga Valentine.

"Store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti: 1. Ucapan Selamat hari besar agama, misal: Natal, Imlek dll. 2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal: valentine, haloween, dll," demikian kutipan peraturan viral tersebut. "Store tidak diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti: 1. Ucapan selamat untuk hari jadi, misalkan pernikahan, promosi jabatan, dst. 2. Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal: I Love U, you're the best."

Tous les Jours

Twitter/Mey_MeynieJT


Menanggapi hal tersebut, manajemen PT CJ Foodville Bakery and Cafe Indonesia pun buka suara. Manajer Marketing PT CJ Foodvile Bakery and Cafe, Kathy Syahrizal, mengaku bahwa pihaknya tidak pernah membuat aturan yang dinilai bersifat diskriminatif.

Kathy juga memastikan bahwa aturan viral tersebut hanya ada di 1 gerai bakery Tous les Jours dan telah diturunkan. Ia mengaku akan menindaklanjuti gerai yang memasang larangan ucapan di atas cake tersebut.

"Bisa dilihat semua sama dan itu cuma di satu store, di kawasan Jakarta Selatan. (Tepatnya) Di kawasan perkantoran," tutur Kathy dilansir CNN Indonesia pada Jumat (22/11). "Bisa dilihat tidak ada logo, tidak ada detail bentuk aturannya itu."

Sementara itu, dalam keterangan resmi perusahaan, aturan penulisan ucapan di atas cake yang viral tersebut bukanlah aturan resmi dari pihak manajemen. Dalam keterangan tersebut, pihak Tous les Jours mengaku sangat mengedepankan toleransi keberagaman.

"Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami," demikian kutipan pernyataan yang dimuat di situs resmi Tous les Jours. "Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan/atau antar golongan. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait