Delegasi Tak Sengaja Makan Daging Babi, PSSI Kecewa Penyelenggara SEA Games Filipina 'Teledor'
Nasional

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyayangkan pihak penyelenggara SEA Games di Filipina yang kurang memperhatikan pemisahan antara makanan halal dan non halal.

WowKeren - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap penyelenggaraan ajang SEA Games 20129 di Filipina. Pasalnya, PSSI menilai bahwa pihak penyelenggara kurang siap terutama dalam pembagian makanan halal dan non halal.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Direktur Media PSSI Gatot Widakdo. Dilansir GMA News, Rabu (27/11), akibat keteledoran tersebut, membuat Gatot dan atlet timnas sepakbola U-22 tidak sengaja mengonsumsi daging babi. Padahal, sebagian besar dari mereka merupakan pemeluk agama Islam.

Seperti diketahui, mengonsumsi daging babi merupakan salah satu pantangan keras bagi seluruh umat muslim. Oleh sebab itu, Gatot berharap ke depannya pihak penyelenggara bisa lebih memperhatikan hal itu.

"Sampai sekarang masih belum ada perkembangan," kata Gatot masih dilansir GMA News. "Jadi kami berharap pada hari-hari berikutnya mereka bisa memisahkan makanan halal dan non-halal."


Masalah akomodasi rupanya tak hanya dialami oleh atlet Indonesia. Sejumlah atlet dari Singapura juga telah melayangkan surat kepada pihak penyelenggara, Philippine Southeast Asian Games Organizing Committee (PHISGOC) terkait persoalan yang mereka hadapi.

Mereka menyayangkan kurangnya jumlah transportasi dan penyediaan makanan halal. Bahkan, tim mereka harus membeli makanan sendiri. Tak hanya itu, tim Thailand pun terpaksa harus membeli air minum karena persediaan air minum yang kurang.

"Air tidak cukup, makanan, dan juga perlengkapan," kata Asisten Pelatih Tim Sepak Bola Nasional Thailand Sawin Jaraspetcharanan. "Tetapi kami mencoba mengatasinya sendiri."

Terkait hal ini, pihak Komisi Nasional Muslim Filipina pun turut angkat bicara. Mereka mengatakan bahwa pihak penyelenggara sebelumnya telah mengabaikan panggilan untuk memastikan ketersediaan makanan halal bagi para atlet muslim.

Sebelumnya, tagar #SEAGames2019fail sempat menjadi trending topic pada Selasa (26/11) pagi. Hal itu merupakan buntut dari persiapan acara yang kurang matang, mulai dari makanan hingga venue acara yang tampaknya tidak dipersiapkan dengan baik dan bahkan masih terkesan berantakan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait