Duduk Beralaskan Rumput, Penonton MotoGP Mandalika Bisa Saksikan Balapan dari Atas Bukit
Nasional

Pihak kontraktor sebenarnya sudah mempersiapkan untuk membangun tribun yang memiliki kapasitas sebanyak 70.000 penonton namun jika tidak cukup akan diarahkan ke atas bukit.

WowKeren - Ajang balap MotoGP yang akan digelar pada 2021 mendatang rencananya akan bertempat di Sirkuit Mandalika yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tentu saja, ajang gelaran bergengsi tersebut dinanti-nanti oleh penggemar balap motor.

Kabar baiknya, penonton MotoGP 2020 nantinya bakal bisa mendapatkan pengalaman unik dengan menyaksikan ajang bergengsi itu langsung dari atas bukit. Saat ini, lokasi itu tengah disiapkan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).


Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan menjelaskan jika pada desain sirkuit Mandalika yang dibangun, memang terdapat tribun bagi penonton. Namun, untuk mengantisipasi membludaknya penonton maka pihak kontraktor juga menyiapkan lokasi lain.

Tribun itu sendiri mampu menampung hingga 70.000 orang. Namun, jika penonton tidak kebagian tempat untuk menonton dari tribun, bisa menyaksikan ajang balap dari bukit. "Kami menyiapkan grand stand (berkapasitas) 70.000," ungkap Ngurah Wirawan di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (29/11).

Di sana, ada 2 bukit yang bisa menampung lebih dari 30.000 orang. Nantinya, penonton yang menyaksikan ajang balap MotoGP dari atas bukit akan duduk di atas rumput. "Duduknya di atas rumput, sedang kami tata. Jadi buat teman-teman yang bisa membeli tiket umum, tidak duduk di tribun, duduk di bukit-bukit nanti bisa bawa payung," tutur Wirawan.

Sementara itu terkait progres pembangunan infrastruktur sirkuit, saat ini sudah mencapai 30 persen. Rencananya, proses pengaspalan akan mulai dilakukan secara bertahap mulai Januari 2020.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio sudah meninjau langsung pembangunan sirkuit tersebut. Wirawan menyebut bahwa Menpar beserta wakilnya memberikan tanggapan baik terhadap  progres pengerjaan sirkuit Mandalika.

"Kami sudah dikunjungi Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berikut dengan Ibu Wamen, mereka menyatakan oke Mandalika progresnya baik, persiapan infrastrukturnya juga sudah terlihat," jelas Wirawan. "Tapi harus diberikan tambahan side event yang memang related kepada acara ini."

You can share this post!

Related Posts