Wacana ASN Libur Jumat-Minggu Bakal Dimulai Januari 2020
Nasional

Beberapa waktu lalu wacana untuk meliburkan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari Jumat menjadi sorotan. Wacana tersebut akan mulai diuji coba pada Januari 2020 mendatang.

WowKeren - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tengah mengkaji skema jam kerja bagi para ASN beberapa waktu lalu. Hal ini membuat ASN akan mendapatkan tambahan hari libur di hari Jumat.

Baru-baru ini, wacana tersebut akan diuji coba pada 7 instansi pusat yaitu BKN, LAN, Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Uji coba ini sendiri akan mulai dilakukan pada Januari 2020 mendatang.


Sebelumnya, Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto menjelaskan jika PNS diwajibkan bekerja 10 hari atau dua pekan, dengan 80 jam. Ini bisa diubah jadi 9 hari saja tetapi tetap 80 jam kerja sehingga pada Jumatnya bisa libur.

"Rencana penerapan hari libur Jumat ini tidak diberikan atau diberlakukan setiap minggunya. Hanya pada minggu genap dan ganjil saja," ujar Waluyo, Selasa (3/12).

Waluyo yang sekaligus Ketua PMO (Project Management Office) Penilaian Kinerja itu menambahkan, dengan adanya bergantian libur atau mekanisme job sharing tidak akan mengganggu pelayanan publik. Apalagi, dari sisi jam kerja sebenarnya tidak berubah, yaitu 80 jam kerja setiap dua minggu atau 40 kerja per minggunya.

Sementara itu, wacana penambahan hari libur untuk ASN ini mendapat kritikan dari Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. Menurutnya, pemerintah sebaiknya membuat desain besar secara utuh demi reformasi birokrasi ke depan.

"Saya menilai ini sama seperti lontaran isu pemangkasan eselon III dan IV lalu mengganti dengan artificial intelligence, sama dengan lontaran-lontaran yang tidak produktif dalam memahami reformasi birokrasi," jelas Mardani di Kompleks Parlemen pada Rabu (4/12). "Jadi usul saya pemerintah cerdas sedikit kenapa, jangan melempar (wacana) yang seperti ini yang tidak jelas."

You can share this post!

Related Posts