Kemungkinan Polisi Ikut Selidiki Kasus Penyelundupan Harley, Ini Kata Bea Cukai
Nasional

Polda Metro Jaya diminta untuk berkoordinasi dengan Bea Cukai untuk menelusuri kasus penyelundupan Harley Davidson di pesawat baru Garuda Indonesia. Pihak Bea Cukai pun merespon kabar tersebut.

WowKeren - Kasus penyelundupan komponen Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru Garuda Indonesia menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Sejumlah pihak pun diutus untuk turun tangan menangani kasus tersebut.

Salah satunya seperti Polda Metro Jaya yang diminta untuk berkoordinasi dengan Ditjen Bea Cukai. Menanggapi hal ini tersebut, Ditjen Bea Cukai pun tak menutup kemungkinan tersebut.

"Untuk case ini, memang sampai saat ini masih kita masih tangani, oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) berdasarkan UU Kepabeanan. Namun tidak menutup kemungkinan juga, karena kita terus berkoordinasi," kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Direktorat Jenderal Bea Cukai, Deni Surjantoro, saat dihubungi, Jumat (6/12).


"Dan juga dalam kerangka korwas itu memang tempatnya di teman kepolisian," imbuhnya. "Hal yang perlu dikoordinasi dengan kepolisian, akan kita koordinasikan. Tapi sampai saat ini masih mandiri."

Lebih lanjut, ia menjelaskan jika pihaknya terus berkomunikasi dengan penegak hukum seperti kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait penanganan kasus narkoba. Namun, untuk kasus di luar narkoba bea cukai akan menangani kasus tersebut secara mandiri terlebih dahulu.

Sebelumnya, IPW meminta Polda Metro Jaya ikut mengusut kasus dugaan penyelundupan yang dilakukan oleh Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara. Di mana Ari diduga menyelundupkan komponen Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru Garuda Indonesia.

"Dirut PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) tak cukup hanya dipecat dari jabatannya," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangannya, Jumat (6/11). "Tapi Direskrimsus Polda Metro Jaya juga harus segera menangkap dan menahannya dalam kasus penyelundupan komponen Harley-Davidson, yang merugikan negara miliaran rupiah."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru