Garuda Pecat 4 Direktur Lain yang Ikut Selundupkan Harley Davidson
Nasional

Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia telah mencopot Ari dan 4 direktur lain yang terlibat dalam penyelundupan Harley Davidson. Selain itu, Dewan Komisaris juga telah menunjuk pengganti sementara agar Garuda Indonesia tetap berjalan.

WowKeren - Aksi penyelundupan komponen motor Harley Davidson dan sepeda Brompton lewat Airbus milik Garuda Indonesia tengah menjadi sorotan publik. Bahkan Menteri BUMN Erick Thohir pun mengambil langkah tegas untuk mencopot Direktur Utama Garuda, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Diketahui, Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah mencopot empat direksi lain yang berkaitan dengan kasus penyelundupan tersebut. Keempat direksi tersebut adalah Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

"Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai ke kewenangan dalam anggaran dasar perusahaan telat menerbitkan surat keputusan dewan komisaris Garuda Indonesia tentang pemberhentian sementara waktu beberapa anggota-anggota direksi Garuda Indonesia," tulis Komisaris Utama Sahala Lumban Gaol dalam keterangan resmi, Senin (9/12).

Dengan pemberhentian sejumlah direksi ini membuat Dewan Komisaris menunjuk Fuad Rizal yang sebelumnya hanya menjadi direktur keuangan menjadi pelaksana tugas (Plt) direktur utama Garuda Indonesia. Selain itu, Fuad juga bertugas sebagai direktur operasi dan Plt direktur teknik dan layanan.


Dewan Komisaris juga menunjuk Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah menjadi Plt Direktur Human Capital dan Plt direktur kargo dan pengembangan usaha. "Pelaksana tugas tersebut telah menunjuk dan menetapkan pelaksana tugas harian untuk bertindak melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai bidang masing-masing," ujar Sahala.

Sementara itu, Fuad dan Pikri telah menunjuk Tumpal Manumpak Hutapea sebagai pejabat Direktur Operasi, Mukhtaris sebagai pejabat Direktur Teknik dan Layanan, Joseph Dajoe K Tendean sebagai pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, serta Aryaperwira Adileksana sebagai pejabat Direktur Human Capital.

Sahala menjelaskan jika seluruh jabatan ini hanya berlaku sementara hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) digelar. Karenanya ia meminta agar direksi Garuda Indonesia bisa segera melaksanakan rapat tersebut.

Di lain sisi, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan jika dirinya tak ingin asal-asalan mencari pengganti direksi Garuda. "Di Garuda kan jangan hanya sekedar mencopot," tutur Erick di sela-sela acara pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMKN 57, Jakarta Selatan, pada Senin (9/12). "Tetapi juga mencari figur-figur yang bagus untuk komisaris dan direksi."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru