'Nagara Rimba Nusa' Menang Lomba Desain Ibu Kota, Konsep Ini Kuncinya
Nasional

Sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) telah berakhir. Hari ini (23/12) jajaran juri dan pemerintah telah memilih lima desain terbaik, dengan juara utamanya mengimplementasikan konsep berbasis lingkungan.

WowKeren - Beberapa waktu lalu pemerintah menggelar sayembara desain Ibu Kota baru yang dibuka untuk peserta nasional dan internasional. Melibatkan hingga ratusan peserta, akhirnya didapatlah lima desain yang dinilai bisa memenangi seluruh aspek yang dilombakan.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis H Sumadilaga menyebut para pemenang ini mengalahkan 255 peserta dalam dan luar negeri, yang mana sebelumnya telah diseleksi dari 755 peserta terdaftar. Desainnya kemudian akan dikembangkan sesuai kerangka acuan dari Presiden Joko Widodo.

"Desain mereka akan dikembangkan menjadi dokumen perencanaan IKN (ibu kota negara)," jelas Danis, Senin (23/12). "Yang dikembangkan sesuai kerangka acuan yang telah dijabarkan Pak Presiden Jokowi."

Dan dari seluruh desain tersebut, terpilihlah rancangan dengan judul "Nagara Rimba Nusa" yang memenangi sayembara tersebut. Dilansir dari Kompas, desain tersebut mengadopsi konsep menghubungkan antara manusia dengan alam dan lingkungan.

Dilansir dari poster resminya, terdapat empat poin penting dalam desain tersebut. Yakni "Jati Diri Bangsa: Indonesia Sentris", "Merayakan Alam Berkelanjutan", "Kota Masa Depan", dan "Kota Untuk Dunia".


Sekilas memang terlihat konsep desain yang menggabungkan keindahan alam Kalimantan Timur dengan desain kota yang futuristik. Perancang pun turut mengimplementasikan pengintegrasian Ibu Kota ke dalam eksositem hutan hujan tropis. Desain ini seolah membantah segala kekhawatiran aktivis lingkungan bahwa Ibu Kota baru berpotensi merusak sumber daya alam Kalimantan.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ikut menyampaikan pandangannya kala memberi sambutan. Banyaknya desain yang masuk, bagi Basuki merupakan pertanda bahwa rencana pindah ibu kota disambut dengan antusiasme tinggi masyarakat.

Ia mengapresiasi kelima peserta yang telah memenangi sayembara tersebut. Menurutnya ini merupakan langkah awal dalam megaproyek pemindahan Ibu Kota.

"Sekarang yang ada di ruangan ini 5 besar," ujar Basuki, dilansir dari Detik Finance. "Saya bangga kepada yang sudah berperan serta, aktif dalam gagasan desain ibu kota baru kita. Ini baru awal sejarah yang kita buat."

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang didapuk menjadi juri sayembara menyebut tiga besar hasil desain akan dikolaborasikan. Hasil desain dari tingkat internasional pun akan ditambahkan bila diperlukan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait