Koser Final BTS 'Speak Yourself' Seoul Diperkirakan Hasilkan Triliunan Dalam Dampak Ekonomi Di Korea
Musik

Profesor Pyun Joo Hyun merupakan seorang profesor ekonomi di Universitas Korea, sebelumnya memperkirakan dampak ekonomi dari fanmeeting BTS pada 2019. Kali ini, ia melihat bagaimana tur dunia grup itu mempengaruhi perekonomian.

WowKeren - Profesor Pyun Joo Hyun, merupakan seorang profesor ekonomi di Universitas Korea. Profesor tersebut baru-baru ini membeberkan penelitian ekonomi terkait Bangtan Boys (BTS). Profesor tersebut sebelumnya memperkirakan dampak ekonomi dari fanmeeting BTS pada 2019. Kali ini, ia melihat bagaimana tur dunia grup itu mempengaruhi perekonomian.

Tur grup ini berlangsung selama enam bulan mulai dari Mei tahun ini dan mencakup Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Menurut penelitian Profesor Pyun Joo Hyun, konser final BTS di Seoul, yang diadakan dari 26 Oktober hingga 29 Oktober, saja memiliki dampak ekonomi langsung sebesar 331 miliar won (sekitar Rp 4 triliun dan dampak tidak langsung dari 592 miliar won (sekitar Rp 7,1 triliun). Total dampak langsung dan tidak langsung segera dari konser adalah 923 miliar won (sekitar Rp 11,1 triliun) hampir mencapai 1 triliun won.

Untuk dampak setelah konser-konser tersebut, efek yang diharapkan dari mereka adalah 266 miliar won (sekitar Rp 3,2 triliun). Dampak tidak langsung konser tersebut yakni sebesar 328 miliar won (sekitar Rp 3,9 triliun) diharapkan selama lima tahun ke depan.


"Jika Anda membandingkannya dengan rata-rata penjualan selama tiga tahun, yaitu sekitar 150 miliar won (sekitar Rp 1,8 triliun), dampak ekonomi yang diciptakan BTS dengan hanya tiga hari konser adalah jumlah penjualan tahunan enam perusahaan menengah," ungkap Profesor Pyun.

Tim melanjutkan dengan mengatakan bahwa konser menarik sekitar 187.000 pengunjung asing ke negara itu. Di antaranya sekitar 23.000 menghadiri konser, dan bahwa rata-rata 3 dari 10 pengunjung pergi ke Seoul. Ini menghasilkan sekitar 87.000 lebih banyak orang daripada rata-rata mengunjungi Korea pada tahun 2019.

Ada beberapa efek ekonomi yang tidak terduga dari modal asing di Korea, juga. Karena dampak budaya BTS, Profesor Pyun Joo Hyun berkata, banyak orang asing ingin belajar atau bekerja di Korea.

"Konten budaya berkualitas tinggi semacam ini dapat menarik wisatawan asing dalam jumlah yang sebanding dengan Olimpiade, dan berpotensi membuka bentuk baru layanan ekspor," lanjutnya.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts