Viral Ular Besar Terciduk Berenang di Banjir Jabodetabek, Pakar Sebut Jenis Piton
Nasional
Banjir Jakarta 2020

Dalam video berdurasi 13 detik yang viral di media sosial, seekor ular dengan panjang sekitar 1,5 hingga 2 meter tampak berenang di genangan air di wilayah pemukiman warga.

WowKeren - Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020 menjadi perbincangan hangat di sosial media. Salah satu yang banyak dibahas oleh warganet terkait banjir ini adalah penampakan seekor ular yang tampak berenang di genangan air.

Dalam video berdurasi 13 detik yang viral di media sosial, seekor ular dengan panjang sekitar 1,5 hingga 2 meter tampak berenang di genangan air di wilayah pemukiman warga. Berdasarkan keterangan, video tersebut diambil di daerah Bekasi.


"Katanya ini di daerah Bekasi yg dekat sungai, ada ular muncul ke komplek #banjir #banjir2020 #BanjirJakarta," cuit akun @lekopr pada Rabu (1/1). Hingga Kamis (2/1), video ular berenang tersebut sudah diputar sebanyak 54,7 ribu kali.

Twitter/@lekopr

Video tersebut lantas ditanggapi oleh peneliti reptil dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir. Ular dalam video tersebut diduga berjenis piton. "Dalam video itu kayanya jenis ular piton," terang Amir, dilansir detikcom pada Kamis (2/1).

Lebih lanjut, Amir menjelaskan bahwa piton bukanlah jenis ular akuatik. Ia menyebut bahwa kemungkinan ular tersebut terbawa arus banjir.

"Yang ada di video itu, ini kan kondisinya banjir ya. Ular itu kan juga bernafas dengan paru-paru dan dia bukan ular akuatik atau yang hidupnya di air," jelas Amir. "Kalau memang banjir, mereka pasti keluar cari tempat yang lebih tinggi atau aman untuk berlindung."

Menurut Amir, ular piton tersebut kemungkinan merupakan peliharaan warga yang terlepas. "Bisa jadi peliharaan orang karena sekarang orang pelihara piton di mana-mana, atau memang juga masih ada habitat yang bagus di sekitar kita," pungkas Amir.

Sementara itu, video ular berenang tersebut juga membuat sejumlah warganet merasa ngeri. Banyak yang menyoroti panjang ular tersebut yang dinilai cukup besar.

"Gede banget. Hati hati lurr," komentar akun @ra***BI. "OMG!! hiiih sereem banget ada Ularnya. smg ga ada warga yg dipatuk ular," timpal akun @al***01. "Anjir gde banget," tambah akun @Bi***69.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts