Nasib Wisma Atlet Kemayoran: Dibangun Mahal-Mahal Tapi Kini Malah Seperti 'Kota Hantu'
Nasional

Wisma Atlet Kemayoran diketahui berisi 7.426 unit hunian dengan kapasitas 22.278 orang. Dengan lahan seluas 10,6 hektare, total dana pembangunannya mencapai Rp 3,4 triliun.

WowKeren - Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta Pusat yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2016 awalnya ditujukan untuk gelaran Asian Games 2018. Namun kini, bangunan yang terdiri dari 10 tower tersebut sepi tak berpenghuni.

Kondisi Wisma Atlet Kebayoran kini bahkan terkesan kumuh dan tak terawat, bak sebuah "kota hantu". Melansir Kumparan pada Senin (20/1), halaman Wisma Atlet Kebayoran ditumbuhi oleh ilalang dan rumput liar yang tak terurus.

Menurut petugas Wisma Atlet Kebayoran yang tak mau disebutkan namanya, seluruh tower kini memang tak berpenghuni. Ia mengaku beberapa anggota TNI dan Brimob pernah menginap di Wisma Atlet Kebayoran saat terjadi demo Pilpres di KPU pada Mei 2019, tapi hanya itu saja.

"Enggak ada sih sekarang," tutur petugas tersebut dilansir Kumparan. "Kalau waktu itu iya, ada TNI di sini ada Brimob Polisi juga waktu demo Pilpres itu."


Menurutnya, ada 2 petugas kebersihan yang membersihkan halaman Wisma Atlet Kebayoran setiap pagi dan sore selama hari kerja. Meski demikian, petugas tersebut mengakui bahwa hal itu tak cukup untuk membersihkan seluruh unit dan sekitar tower.

"Iya dimaklumi aja lah kalau kotor begini. Petugas yang bersihinnya juga dikit," ungkapnya. "Biasanya tiap hari dua kali dibersihin, kadang sekali."

Sebelumnya, beredar kabar bahwa bekas hunian para atlet tersebut bakal difungsikan menjadi rumah dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun TNI dan Polri. Petugas tersebut mengaku telah mengetahui kabar itu sejak tahun lalu, namun hingga saat ini pihaknya belum mendapat kepastian soal hal itu.

"Kalau soal disewa, jujur saya udah dengar dari tahun lalu," pungkasnya. "Tapi sampai sekarang belum ada arahan lagi gimananya. Kita nunggu aja."

Di sisi lain, Wisma Atlet Kemayoran diketahui berisi 7.426 unit hunian dengan kapasitas 22.278 orang. Dengan lahan seluas 10,6 hektare, total dana pembangunannya mencapai Rp 3,4 triliun. Dalam setiap kamar telah tersedia beberapa fasilitas, seperti dapur, kamar mandi, 2 tempat tidur, meja, kursi dan AC yang hingga saat ini masih berfungsi normal.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait