Fans BTS Tuding Zico Lakukan Sajaegi Usai 'Any Song' Ungguli 'Black Swan' di Chart Digital
Musik
BTS Comeback

Melihat 'Any Song' yang mengungguli 'Black Swan', fans BTS curiga kalau Zico melakukan praktik sajaegi atau manipulasi chart. Mereka bahkan berusaha membuat 'Zico sajaegi' menjadi trending topic.

WowKeren - Zico comeback dengan merilis single barunya yang berjudul "Any Song" pada 13 Januari lalu. Tak lama setelah dirilis, lagu tersebut meraih posisi pertama di berbagai chart real time seperti Melon, Genie, Bugs, Soribada dan FLO.

Belum berhenti di situ, "Any Song" akhirnya resmi meraih predikat Perfect All-Kill (PAK) pada 17 Januari pukul 12:30 malam waktu setempat. Lagu tersebut juga menjadi lagu pertama yang meraih PAK di tahun 2020 ini.


Di sisi lain, Bangtan Boys (BTS) meluncurkan lagu pra-rilis berjudul "Black Swan" pada 17 Januari lalu. Lagu tersebut juga menempati posisi kedua di chart musik Melon pada pukul 11 malam waktu setempat di hari yang sama serta memecahkan rekor iTunes yang sebelumnya dipegang PSY.

Dengan perilisan lagu mereka yang hanya selisih beberapa hari, BTS dan Zico pun bersaing di chart musik. Dengan viralnya "Any Song", lagu tersebut didengarkan banyak orang yang stabil di posisi pertama diikuti "Black Swan" di posisi kedua.

Melihat "Any Song" yang mengungguli "Black Swan", fans BTS curiga kalau Zico melakukan praktik sajaegi atau manipulasi chart. Mereka bahkan berusaha membuat "Zico sajaegi" menjadi trending topic.

"COWOK ITU MELAKUKAN SAJAEGI DI SIANG BOLONG," tuding pengguna Twitter @interludeseven. "Tolong, aku benar-benar berharap kita bisa dapat PAK. Tidak adil bagaimana Zico melakukan sajaegi dan lolos dan ARMY Korea sudah bersiap-siap sejak lama," tulis akun @hoyasdimple.

"Bisakah masalah Zico ini berhenti? Kami tidak peduli dengan sajaegi-nya. BTS punya lagu terlaris di 2019 di Korea dan sekarang sukses dengan single yang tidak public-friendly dan tidak dipromosikan," kata akun @blackswanx.

"ARMY Korea sebaiknya mulai bikin rumor tentang cowok itu dan hancurkan kariernya," tulis @boywluvjk. "Zico sajaegi terus lakukan," tulis @minwithluv yang meminta rekan-rekannya agar menjadikannya trending topic. "Zico sajaegi ayo kita jadikan trending," tulis @sanaspjm.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts