PNS Bakal Pindah ke Ibu Kota Baru, Ini Sederet Fasilitas yang Disediakan Pemerintah
Nasional

PNS bakal dipindahkan secara menyeluruh ke Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur pada 2024. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk kepindahan tersebut.

WowKeren - Pemerintah hingga saat ini masih terus menggodok rencana untuk pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Salah satu rencana yang dimaksudkan adalah pemindahan jajaran pegawai negeri sipil (PNS) pemerintahan pusat ke ibu kota baru.

Kementerian PAN-RB sendiri telah mencatat ada 118.000 abdi negara yang siap hijrah ke ibu kota baru di tahun 2024. Meski begitu, pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk PNS tersebut.

Adapun fasilitas yang diberikan adalah rumah dinas dan juga fasilitas pendidikan. "Kita siapkan sekolah, rumah, sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi kita siapkan, ada semua," kata Tjahjo di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1).


Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo juga mengatakan PNS yang akan pindah ke ibu kota baru bukan abdi negara yang usianya mendekati pensiun. "Saat ini 118.000 yang usianya 45 tahun sampai 2023," ujarnya. "Nanti dicek dulu."

Meski pemindahan ini baru terlaksana 2024 nanti, Tjahjo mengaku pihaknya sudah menyediakan roadmap pemindahan di mana yang diproritaskan adalah PNS yang dalam waktu dekat tidak masuk ke usia pensiun. Selain itu, ia juga akan memberi tawaran apakah PNS itu mau atau tidak untuk pindah ke ibu kota baru.

Penawaran tersebut, disebut Tjahjo, agar pemerintah bisa menyiapkan skema yang bisa mengakomodir. Pasalnya, di tahun 2024 seluruh pemerintah pusat sudah pindah ke ibu kota negara, sehingga kantor-kantor yang berada di DKI Jakarta pun sudah tidak memberikan pelayanan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengatakan jika proses pemindahan PNS ini akan dilakukan secara langsung dan tidak bertahap. "Pindah semuanya langsung," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait