RSPI Sulianti Saroso Jadi Rujukan Pasien Virus Corona, Begini Persiapan Ketatnya
Nasional
Wabah Virus Corona

Seorang WNI diduga terinfeksi virus Corona usai melawat ke Tiongkok. WNI itu pun dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, yang belakangan menjadi rumah sakit rujukan terduga infeksi Corona.

WowKeren - Wabah virus Corona yang bermula dari Kota Wuhan di Tiongkok menjadi bahasan panas seantero dunia beberapa waktu belakangan. Apalagi karena penyebaran virusnya yang sangat cepat dan menyebabkan puluhan nyawa dilaporkan melayang.

Di Indonesia sendiri sudah ada pasien yang diduga terinfeksi virus tersebut dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof.dr.Sulianti Saroso. Belakangan RSPI ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan untuk pasien yang diduga terinfeksi virus tersebut.


RSPI pun melakukan serangkaian tes untuk memastikan apakah pasien tersebut benar terinfeksi virus Corona. "Ada satu orang pasien dengan suspect, tetapi kondisi saat ini masih stabil dan tidak ada perburukan. Belum dinyatakan sebagai novel Corona," ungkap Direktur Medik dan Perawatan RSPI Sulianti Saroso, Dr Diany Kusumawardhani, Jumat (24/1).

"Jadi dalam hal ini kami siap untuk SDM kami punya dokter spesialis termasuk spesialis infeksi, kemudian kami punya ruang-ruang isolasi, baik isolasi khusus ketat atau isolasi yang lainnya," imbuh Diany, dilansir Viva. "Dan kami juga punya fasilitas laboratorium, radiologi, dan lainnya untuk menunjang diagnosis pasien-pasien yang terinfeksi."

Di sisi lain, Diany juga membentuk kelompok kerja khusus untuk emerging disease. RSPI juga dilengkapi dengan ruang isolasi dengan standar yang cukup ketat.

Tak hanya itu, pasien yang memiliki kecenderungan terhadap penyakit tersebut akan langsung ditangani. Namun demikian hal itu juga tergantung pada kondisi pasien tersebut.

"Intinya kalau dia memang ada kecenderungan ke arah penyakit ini dan sampai saat ini belum bisa dipastikan cara penularan seperti apa, maka sebaiknya mendapatkan perawatan terisolasi," ujar Diany. "Tapi tentunya tergantung dengan kondisi penderita itu."

Tak hanya dari segi sarana dan prasarana yang disediakan RSPI, pekerja di rumah sakit itu pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Termasuk para pegawainya yang terlihat mengenakan masker.

"Iya (sejak ada pasien suspect Corona) belum lama diminta. Atasan yang minta," kata salah satu petugas, dikutip dari Suara. "Yang lain juga diminta, enggak apa-apa daripada tertular."

You can share this post!

Related Posts