KBS Dikecam Karena Dianggap Terlalu Memperbudak Staf Hingga Dibandingkan dengan Stasiun TV Lain
TV

Baru-baru ini perwakilan serikat pekerja berbicara atas nama karyawan KBS. Selain mengungkapkan bagaimana cara KBS mempekerjakan staf, mereka juga membandingkannya dengan stasiun televisi yang lain seperti ini.

WowKeren - Stasiun televisi KBS saat ini tengah mendapat banyak kecaman. Pasalnya mereka tetap mempekerjakan staf selama liburan Tahun Baru Imlek 2020. Padahal liburan Imlek merupakan salah satu liburan paling penting dalam masyarakat Korea.

Baru-baru ini perwakilan serikat pekerja berbicara atas nama karyawan KBS. Mereka menyatakan bahwa KBS adalah satu-satunya televisi yang menayangkan drama seperti biasa sehingga membuat karyawan tidak diliburkan. Simak pernyataan mereka berikut ini.


"KBS adalah satu-satunya stasiun televisi yang menayangkan drama sesuai dengan jadwal biasanya. MBC akan absen minggu ini, menayangkan film alih-alih episode baru 'No Second Chance'. SBS juga tidak akan menayangkan episode baru 'Stove League', alih-alih menayangkan siaran khusus (yang disiapkan sebelumnya). Tapi KBS telah mengumumkan bahwa mereka akan terus syuting sepanjang liburan untuk menyiarkan episode baru 'Love is Beautiful, Life is Wonderful' sesuai dengan jadwal."

"Jadwal syuting 'Love is Beautiful, Life is Wonderful' telah terkenal ekstrem sejak (drama tersebut) ditayangkan tahun lalu. Bahkan ketika stasiun televisi yang lain mengurangi jadwal syuting mereka menjadi 14 hingga 16 jam hari kerja, KBS terus mempertahankan 18 jam di hari kerja."

"Meskipun begitu, mereka mengatakan bahwa itu adalah 18 jam, tapi kemudian ketika kalian mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi syuting, menyelesaikan syuting dan mengedit semua adegan, kalian akan mendekati 24 jam kerja. Bukankah ini terlalu banyak, tidak peduli drama apa yang kalian rekam?"

Serikat pekerja kemudian mengatakan bahwa KBS seharusnya memberikan mereka waktu berlibur seperti stasiun televisi yang lain. "(KBS) telah menciptakan lingkungan di mana sulit bagi staf untuk membicarakan penentangan jadwal yang ketat karena takut dianggap sebagai pemalas atau tidak cukup berdedikasi di antara rekan-rekan mereka. Itu adalah eksploitasi staf."

"Karena KBS adalah stasiun televisi publik, mereka harus melakukan segala daya mereka untuk melindungi sifat publik dari pemrogaman mereka. Standar ketenagakerjaan universal dan adil dengan jelas menyatakan bahwa seseorang harus bekerja hanya delapan jam sehari, lima hari seminggu. Mereka harus menyingkirkan alasan bahwa siaran adalah 'pengecualian khusus' dan memungkinkan staf mereka untuk mengambil liburan."

Menanggapi kritik ini, tim produksi KBS dari drama "Love is Beautiful, Life is Wonderful" angkat bicara. "Saat ini kru syuting selama 16 jam sehari dan 52 jam seminggu. Ke depan, kami akan melakukan segala upaya untuk mematuhi standar ketenagakerjaan," terang mereka.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts