SBY Sebut Pansus Jiwasraya Untuk Jatuhkan Menteri, PPP Beri Balasan Menohok
Nasional

SBY baru saja melempar isu soal upaya DPR RI untuk menjatuhkan setidaknya 3 menteri lewat pembentukan Pansus Jiwasraya. Fraksi PPP pun memberikan tanggapannya.

WowKeren - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sukses merebut atensi Indonesia lantaran "menguliti" kasus Jiwasraya. Disampaikan lewat rilis pers yang diunggah di akun Facebook-nya, SBY menyampaikan beberapa poin yang menggegerkan publik.

Salah satunya adalah soal fakta mengerikan di balik bersikerasnya DPR RI membentuk panitia khusus untuk mengusut tuntas kasus Jiwasraya. Menurut SBY, Pansus Jiwasraya sedianya dibentuk demi menjatuhkan setidaknya tiga menteri juga Presiden Joko Widodo.

Menteri BUMN yang lama, Rini Soemarno harus kena. Menteri yang sekarang Erick Thohir harus diganti. Menteri Keuangan Sri Mulyani harus bertanggung jawab," kata SBY. "Presiden Jokowi juga harus dikaitkan."

Enggan dituduh seperti itu oleh SBY, Fraksi PPP DPR RI pun angkat bicara. Sekreatris F-PPP, Achmad Baidowi, menilai pernyataan SBY itu karena terbawa perasaan semata.


Justru Achmad mempertanyakan keakuratan pernyataan SBY itu. Sebab, seperti diketahui, sejak awal Partai Demokrat lah yang bersikeras membentuk Pansus Jiwasraya. Bahkan, imbuh Achmad, hingga kini Demokrat pun masih bersikeras ingin membentuk pansus alih-alih panitia kerja.

"(SBY) terlalu terbawa situasi dan perasaan," kata Achmad, Senin (27/1). "Lah sekarang yang masih ngebet ingin membentuk pansus siapa? Dan Komisi VI sudah membentuk panja yang mana Fraksi Demokrat belum kirimkan nama dengan harapan tetap ada pansus."

Achmad pun meminta SBY untuk tegas mengungkap fraksi mana yang bersikeras agar polemik Jiwasraya diselidik oleh pansus. Ia tak bisa menyangkal kecurigaan bahwa SBY tengah berusaha menggiring opini dengan isu politik.

"Pertanyaan awamnya, apakah SBY sedang menggiring opini bahwa yang ngebet membentuk pansus adalah yang menargetkan orang-orang tertentu agar tersingkir? Kalau demikian, siapakah fraksi yang menginginkan pansus?" beber Achmad, dilansir Detik News, Selasa (28/1). "Lebih tegas lagi, kalau menyebut saja siapa dan fraksi apa yang menarget orang-orang tertentu melalui pansus agar tidak menjadi isu politik murahan."

Achmad pun berharap agar SBY lebih mawas diri dengan tuduhannya. Sebab menurutnya tuduhan SBY itu lebih ditujukan kepada Demokrat alih-alih ke DPR RI.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait