Menyimak Janji Politik Jokowi Ingin Kembangkan Esport Di Indonesia
Nasional

Menyimak janji kampanye Presiden Joko Widodo yang telah berjanji akan mengembangkan ekosistem esport dan industri gim yang berada di Indonesia. Bagaimana hasilnya?

WowKeren - Indonesia Esports Premier League (IESPL) menagih janji kampanye Presiden Joko Widodo yang berjanji akan mengembangkan esport dan dunia game di Tanah Air. Pasalnya, dalam debat Pilpres 2019 lalu, Presiden Jokowi telah mengatakan jika perputaran uang dari sektor digital pada 2017 di Indonesia mencapai Rp12 triliun.

Tingginya pemasukan tersebut membuat Jokowi menjanjikan pada masyarakat jika Pemerintah Indonesia akan terus fokus dalam mengembangkan ekosistem esports dan industri gim. IESPL lantas meminta Presiden Jokowi untuk terus melakukan investasi di bidang ini.

Presiden IESPL Giring Ganesha meyakini jika esport akan menjadi salah satu sumber devisa negara yang baru. Menurutnya, pengembangan dunia ini dapat dilakukan oleh Jokowi dengan fokus pada industri gim termasuk pengembangan atlet esports hingga pengembangan gim lokal.

"Di kampanye beliau (Jokowi) pada 2019, esports jadi janji politik mereka, esports dan ranah video game," ujar Giring saat ditemui di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (27/1). "Menurut saya Indonesia bisa fokus investasi di video game dan gim lokal bisa mendunia. Bakal ada devisa baru untuk negara."

Giring menjelaskan jika saat ini ada empat cabang gim yang akan dipertandingkan dalam Piala Presiden esports 2020 yang sudah masuk dalam babak Grand Final pada Februari mendatang. Diantaranya adalah Free Fire yang merupakan gim bergenre Battle Royale, Pro Evolution Soccer 2020, Mobile Premier League dan gim lokal yang masih dalam tahap kurasi.


Sementara gim lokal yang masih ada dalam tahap kurasi memliki lima jenis. Diantaranya adalah Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl.

Giring menjelaskan jika pertandingan gim lokal tersebut merupakan suatu bentuk dukungan yang dilakukan terhadap gim lokal. Nantinya, gim lokal tersebut akan dipertandingkan lewat ekshibisi.

Giring lantas mengapresiasi perkembangan industri gim khususnya esport yang hambatannya sudah mulai berkurang. Salah satunya adalah upaya Indonesia yang terus mengembangkan jaringan internet ke seluruh pelosok negeri sehingga masyarakat dapat mengakses gaming secara layak.

Menurut Giring, ini berkat adanya Pengurus Besar (PB) Esports yang diketuai Budi Gunawan. "Kalau tahun lalu masih terhambat di regulasi dan belum ada badan menaungi. Sekarang ada Pengurus Besar (PB) Esports yang diketuai Budi Gunawan (BG)," kata Giring.

Selain itu, Sandiaga Uno juga telah resmi dilantik sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia periode 2020-2024. Diharapkan, kemampuan Sandiaga di berbagai bidang bisnis dapat segera membantu dunia esport di Indonesia berkembang secara pesat dan mampu bersaing secara global.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait