Vidi Aldiano Ungkap Kondisinya: Butuh 10 Tahun Untuk Sembuh Dari Kanker
Selebriti

Vidi Aldiano kembali membagikan kondisi terbarunya setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal. Ia menyatakan butuh waktu satu dekade untuk sembuh dari kanker.

WowKeren - Vidi Aldiano mulai berangsur-angsur pulih dari penyakit kanker ginjal yang sempat menyerangnya. Setelah sempat melakukan operasi pengangkatan ginjal, sekarang Vidi sudah mulai menjalankan aktivitasnya sebagai seorang penyanyi.

Meski kondisinya sudah mulai membaik, namun kakak dari Vadi Akbar ini mengaku tidak bisa memastikan apakah kanker sudah benar-benar bersih dari tubuhnya. Pasalnya, sang dokter menjelaskan jika membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk memastikan jika kanker tidak tumbuh kembali.

"Kata dokter, menurut kedokteran, gue bisa dinyatakan lepas dan sembuh total dari cancer (kanker)," kata Vidi seperti dikutip dari vlog miliknya yang bertajuk "Hidup Dengan Satu Ginjal", Jumat (14/2). "(Bisa sembuh) kalau misalkan gue sudah 10 tahun enggak ada muncul lagi cancer-nya."


Oleh sebab itu, sahabat Afgan ini mesti rutin menjalani pemeriksaan setiap tiga bulan sekali ke rumah sakit di Singapura untuk memastikan penyakit kankernya tidak muncul kembali. Ia lantas meminta doanya agar benar-benar dapat 100 persen sembuh dari penyakit kanker.

"Gue sekarang tiap tiga bulan sekali harus bolak-balik ke Singapura untuk medical checkup (MCU), make sure (memastikan) agar si cancer-nya enggak balik lagi," jelas lelaki usia 29 tahun ini. "Doakan gua supaya enggak muncul lagi cancer-nya."

Hidup dengan satu ginjal, Vidi mengaku masih belum merasakan perbedaan yang signifikan seperti saat hidup dengan dua ginjal. Menurutnya, ia masih dalam masa-masa penyembuhan sehingga belum merasakan dampaknya.

"Sebenarnya ada perbedaan atau enggak, fisik enggak bisa ditanya gimana banget, karena masih pemulihan," terang pelantun lagu "Nuansa Bening" ini. "Walau luka luar udah kering, kan gue enggak tahu yang di dalam. Gue rasa stamina gue belum kayak dulu lagi."

Vidi juga mengaku sangat bersyukur, meski sudah memasuki stadium tiga namun ia beruntung kanker yang dideritanya tidak menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Hal ini membuat Vidi tidak harus menjalani perawatan kanker yang menyakitkan seperti kemoterapi. "Gue enggak ada treatment (perawatan) apapun, kemo, penyinaran, enggak minum obat oral apapun, cuma jaga daya tahan tubuh, sehat, healthy lifestyle (gaya hidup sehat) saja," ujarnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru