Tim SAR Hentikan Pencarian Usai Semua Siswa Korban Susur Sungai yang Hanyut Ditemukan
Twitter/SAR_NASIONAL
Nasional
Tragedi Susur Sungai Sleman

Kedua siswa ditemukan di Dam matras yang berjarak 400 meter dari tempat kejadian. Untuk identifikasi lebih lanjut korban sudah dilarikan ke RS Bhayangkara.

WowKeren - Tim SAR yang bertugas melakukan pencarian terhadap siswa korban susur sungai yang hanyut di Sungai Sempor, Sleman akhirnya menghentikan operasi. Hal itu diputuskan usai korban ke-9 dan 10 siswa SMPN 1 Turi yang hanyut ditemukan pada Minggu (23/2) pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Posko Operasi SAR Sungai Sempor menyebutkan bahwa kedua korban ditemukan di Dam Matras. "Pada hari Minggu, 23 Februari 2020 jam 05.30 WIB telah ditemukan korban ke sembilan dan jam 07.05 WIB korban ke sepuluh (dua korban terakhir) kejadian banjir di sungai Sempor, Tri, Sleman," tulis Komandan Operasi SAR Sungai Sempor 2020, Asnawi, dalam keterangan rilis seperti dilansir Kumparan, Senin (24/2).


Kedua siswa ditemukan di Dam matras yang berjarak 400 meter dari tempat kejadian. Untuk identifikasi lebih lanjut korban sudah dilarikan ke RS Bhayangkara. Dengan ditemukannya kedua siswa tersebut artinya seluruh siswa korban susur sungai sudah ditemukan. Sehingga Tim SAR pun secara resmi menutup operasi pencarian mereka.

"Dengan telah ditemukannya seluruh korban maka operasi SAR Sungai Sempor 2020 dinyatakan ditutup," lanjut Asnawi. "Dan seluruh potensi SAR dikembalikan ke unsur masing-masing."

Seperti diberitakan sebelumnya, insiden susur sungai terjadi pada Jumat (21/2). Ratusan siswa dilaporkan hanyut terseret arus sungai. Akibat insiden ini, Polda DIY menetapkan IYA, pembina pramuka yang juga merupakan guru olahraga di SMPN 1 Turi, Sleman, sebagai tersangka.

Kasus tersebut telah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. IYA yang sebelumnya berstatus sebagai saksi pun dinaikkan statusnya jadi tersangka.

"Tadi siang dipimpin Dirkrimum Kombes Burkan Rudy, menaikkan status penyelidikan menjadi penyidikan," kata Yulianto di Puskesmas Turi, Sabtu (22/2). "Sehingga kita juga sudah menaikkan salah satu dari para saksi itu dengan inisial IYA menjadi tersangka. Saat ini, yang bersangkutan sedang dilakukan pemeriksaan, dilakukan BAP sebagai tersangka."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts