Tanggapan Pengembang AEON Mall Cakung Usai Dituding Jadi Biang Kerok Banjir
Nasional

Sebelumnya, ratusan warga menggeruduk AEON Mall Cakung di kawasan Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur (Jaktim) pada Selasa (25/2) karena menganggap kawasan tersebut menjadi biang kerok banjir.

WowKeren - Banjir yang melanda Ibu Kota membuat ratusan massa berbondong-bondong menyerbu AEON Mall Cakung di kawasan Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur (Jaktim) pada Selasa (25/2) hari ini. Pasalnya, mereka menilai bahwa AEON Mall dan kompleks JGC menjadi biang kerok banjir yang menimpa kawasan pemukiman warga sekitar.

Menanggapi tudingan warga tersebut, pihak pengembang pun buka suara. Menurut Corporate Communication Departemen Head PT Modernland Realty Tbk, Gunawan Setyo Hadi, JGC dan AEON Mall bukan merupakan biang kerok banjir. Gunawan mengaku bahwa pihak pengembang telah menyediakan langkah antisipasi penanganan banjir.

"Hujannya tahun ini cukup lumayan kan. Kemudian kita sudah antisipasi, kita siapkan pompa di beberapa titik," jelas Gunawan dilansir detikcom pada Selasa (25/2). "Mungkin memang ada warga yang kurang bersabar, mereka minta prioritas sehingga mereka reaktif."

Gunawan lantas menjelaskan bahwa kompleks JGC telah menyediakan danau untuk menampung air. Diketahui, terdapat 2 danau di dalam kompleks JGC yang masing-masing berukuran 15,4 hektare dan 2,5 hektar.


Selain itu, Gunawan juga membantah pihak pengembang membuka pintu air danau tersebut ke arah perumahan warga agar kompleks JGC tidak terendam. "Sebetulnya enggak. Kita ada danau besar 15,4 hektar. 2,5 hektar satu lagi, itu kita siapkan. Air di JGC itu cuma numpang lewat," terang Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan menyebut bahwa kompleks JGC telah ada sejak 12 tahun yang. Sedangkan AEON Mall sendiri baru berdiri pada 2017 lalu. Gunawan lantas memastikan bahwa pembangunan kompleks tersebut telah melalui analisi mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

"Kondisi secara area kawasan kering. Pompa jalan terus. Air surut," pungkas Gunawan. "Warga juga tidak seheboh tadi pagi. Aparat datang. Kita mulai tenangkan mereka."

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah wilayah di ibu kota kembali direndam banjir usai hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Selasa (25/2) dini hari. Bahkan Istana Kepresidenan pun juga tak luput dari terjangan air tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru