Devita Rusdi Jenguk Penderita Thalasemia, Beri Peringatan Cara Pencegahan
Instagram/devita_rusdy
Selebriti

Devita Rusdi bersama dengan rekan-rekan selebriti lainnya mengunjungi penderita thalasemia. Ia lantas memberikan imbauan cara pencegahan penyakit tersebut kepada masyarakat.

WowKeren - Devita Rusdi baru-baru ini menjalani aksi sosial bersama yayasan yang dipimpinnya yaitu Srikandi Laskar Merah Putih. Sebelumnya, Devita juga sempat melakukan aksi sosial guna terjun langsung membantu korban banjir Jakarta.

Kini, ia bersama dengan rekan-rekan selebriti lainnya telah mengunjungi Rumah Sakit Hermina Jatinegara untuk memberikan semangat kepada penderita thalasemia. Penyakit thalasemia sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu memproduksi sel darah merah dan hemoglobin secara normal.

Devita mengunjungi RS dengan ditemani oleh Rhemanty Ingrid, Shinta Bachir, Uci Sucita, Aida Saskia, dan Uut Permatasari, beserta ketua umum Laskar Merah Putih Asrad Cannu. Mereka semua turut mendukung dan juga berbagi pelajaran saat mengunjungi para penderita thalasemia.

"Semua di sini Srikandi Laskar Merah Putih lintas profesi yang luar biasa berjuang, tidak hanya cantik-cantik wajahnya juga cantik hatinya," cerita Devita di RS Hermina Jatinegara, Sabtu (29/2). "Awalnya kita nggak tahu thalasemia itu apa, alhamdulilah kita semua dapat ilmu."


Devita mengatakan pada awalnya ia, Shinta maupun teman-teman lainnya tidak mengetahui apa itu kondisi penyakit thalasemia. Namun setelah melakukan aksi sosial, ia mendapatkan pengertian terkait penyakit tersebut dan serta bagaimana cara pencegahannya.

Rupanya, tes darah merupakan salah satu bentuk pencegahan paling dini yang bisa dilakukan guna menghindari penyakit ini. Devita mengimbau pentingnya masyarakat Indonesia untuk melakukan tes darah secara dini. Selain itu, jika hasil tes menunjukkan adanya penyakit ini, maka nantinya dokter akan memberikan langkah-langkah pengobatan selanjutnya yang bisa ditempuh.

"Ternyata kita perlu tes darah yah saat waktu pacaran kadang-kadang orang Indonesia males banget untuk tes darah. Gengsi," jelas Shinta. "Di mana mengobati itu lebih mahal daripada mencegah, kayak tadi saya melihat anak-anak dari kecil harus transfusi darah, jadi saya perlu juga tes darah untuk anak saya."

"Ada solusinya. Kata dokter, buat pasangan yang sudah jatuh cinta dan akan menikah apabila mengidap thalasemia mendingan disarankan untuk adopsi anak," sambung Devita menjelaskan. "Jadi gak usah punya anak untuk mencegah keturunannya mengidap penyakit ini."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru