Ketua DPRD DKI 'Ancam' Setop Anggaran Formula E Gara-Gara Corona
Nasional

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut bahwa Gubernur DKI Anies Baswedan bisa meniru langkah Qatar yang batal menggelar seri pertama MotoGP 2020 pada 8 Maret nanti.

WowKeren - Wabah virus Corona (Covid-19) diketahui telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Efek wabah tersebut pun juga turut menjalar ke sektor ekonomi hingga pariwisata.

Perhelatan ajang balap Formula E yang rencananya akan digelar di DKI Jakarta pada Juni 2020 pun juga turut terdampak oleh Corona. Gubernur DKI Anies Baswedan didesak untk membatalkan agenda bertaraf internasional tersebut.

Salah satu pihak yang mendesak pembatalan Formula E adalah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Menurut Prasetyo, apabila Pemprov DKI mengabaikan hal ini, maka DPRD DKI bisa saja tak merestui pencairan anggaran untuk Formula E Jakarta. Prasetyo menyebut bahwa anggaran Formula E bisa disetop dulu untuk kepentingan publik.

"Ya, kan bisa disetop dulu. Kita juga bisa kok kita setop, enggak kita keluarkan semua (anggaran)," tutur Prasetyo di DPRD DKI pada Selasa (3/3). "Kerugian yang ada sudah dikeluarkan oleh dia tinggal dilaporkan kepada DPRD aja fungsi kita."


Lebih lanjut, Prasetyo menyebut bahwa Anies bisa meniru langkah Qatar yang batal menggelar seri pertama MotoGP 2020 pada 8 Maret nanti. Ia pun menegaskan bahwa dirinya mendukung pembatalan Formula E seiring dengan merebaknya wabah Corona.

"Saya rasa kayak di Qatar dihentikan dulu, banyak jadwal dihentikan. Kalau kebijakan Pak Anies seperti itu, itu harus dihentikan," jelas Prasetyo. "Saya sepakat untuk dihentikan dahulu."

Menurut Prasetyo, Formula E tidak hanya akan didatangi oleh para pembalap saja, melainkan juga banyak tim dan penggemar dari berbagai negara. Demi mengamankan Ibu Kota dari wabah Corona, maka sebaiknya agenda ini dihentikan terlebih dahulu.

"Karena kita melihat pembalap cuma 60 pembalap tapi pembalap itu bawa mekanik. Mekanik itu banyak orang ratusan orang. Kita enggak tahu dia kena atau enggaknya," ungkap Prasetyo. "Untuk amannya Jakarta, Indonesia, itu harus dihentikan dulu."

Selain MotoGP Qatar, Prasetyo juga mengungkapkan sejumlah agenda internasional lain yang dibatalkan demi pencegahan wabah Corona. "KTT Nonblok yang ada di Amerika juga dihentikan kok, negara besar, negara superpower," pungkas Prasetyo.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait